KPU Pastikan Pilgub Papua 2018 Tanpa Calon Perseorangan

Komisioner KPU Papua, Sombuk Musa Yoseph. (Erwin)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua memastikan tak ada calon perseorangan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang. Hal ini dikatakan Komisioner KPU Papua Musa Sombuk, saat dihubungi pers via telepon selulernya, Senin (27/11/2017) kemarin.

“Saya pastikan pada Pilgub Papua 2018 tak ada calon perseorangan yang meramaikan pesta demokrasi lima tahunan itu”.

“Sebab sejak dibuka pada 22 hingga 26 November 2017 kemarin, tak ada satupun bakal calon yang memasukan berkas dukungan calon perseorangan Pemilihan Gubernur 2018,” terangnya.

Dengan demikian, lanjut dia, KPU Papua kini akan beralih pada tahapan berikutnya, yakni menunggu pentahapan pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diajukan oleh partai politik.

Dimana pentahapannya akan dimulai sejak 1 Januari hingga Februari 2018 mendatang. “Sebab praktis dengan tidak mendaftarnya calon dari jalur perseorangan maka kita tinggal menunggu yang diajukan dari partai politik,”katanya.

Sementara untuk mensukseskan pelaksanaan Pilgub Papua, pihak KPU mengestimasikan bakal merekrut sekitar 100 ribu tenaga penyelenggara tingkat distrik dan kampung.

Ilustrasi Pemilukada, mau tidak mau rakyat sering menjadi korban elit, sehingga pemimpin yang terpilih harus bisa melihat masyarakat. (LintasPapua.com)

Terdiri dari, Panitia Pendamping Distrik (PPD) di 574 distrik se-Papua, dengan total sekitar 2870 orang. Selanjutnya, Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 5620 kampung, yang mencapai 16.860 orang.

Kemudian merekrut anggota Komisi Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dibantu hansip (2 orang per Tempat Pemungutan Suara = TPS) pada 9.169 TPS. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...