Pemprov Sikapi Pembangunan Base Transceiver Station Telekomunikasi

Susasana sosialisasi program pembangunan BTS Blankspot, di Jayapura, Senin, yang dibuka oleh Asisten Setda Papua Bidang Umum, Elysa Auri. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Sebagai wujud layanan pemerintah kepada masyarakat, dalam upaya mempercepat pemerataan infrastruktur bidang telekomunikasi, pemerintah memprogramkan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) Blankspot.

Agar program ini berjalan lancar, bupati selaku pimpinan di wilayah kabupaten, diimbau memberi dukungan sesuai ketentuan dalam bentuk perijinan pembangunan BTS. Dengan harapan program ini, dapat berjalan dengan baik serta dapat difungsikan bagi kepentingan masyarakat.

Demikian dikatakan Asisten Setda Papua Bidang Umum,  Elysa Auri, pada sosialisasi program pembangunan BTS Blankspot, di Jayapura, Senin (27/11/2017).

Dia katakan, BTS Blankspot merupakan Universal Service Obligation (USO) yang dikelola Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi (BP3TI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, merupakan salah satu konsep pembangunan dari desa dan pinggirian yang diamanatkan dalam UU 6 2014.

Infografik BTS (Base Transceiver Station) di Indonesia. (istimewa)

Pembangunan BTS Blankspot tersebut, bertujuan mensensejajarkan pembangunan TIK di provinsi dengan daerah lain, agar infrastruktur TIK dapat memudahkan akses teknologi informasi dan komunikasi, dalam menjangkau seluruh wilayah di Papua.

Sehingga untuk memaksimalkan program ini, sambungnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui BP3TI melakukan sosialisasi pembangunan BTS Blankspot sekaligus kelengkapan administrasi penunjangnya.

“Sehingga kita lagi-lagi berharap pemerintah daerah, perusahaan penyediaan transmisi, tower serta operator seluler bisa mendapat kemudahan saat melakukan pembangunan”.

“Mulai dari mekanisme kerja sama yang digunakan seperti sewa layanan, dimana BP3TI membiayai layanan transmisi, power dan tower, lalu pemerintah daerah meminjamkan lahan. Sementara operator seluler menyediakan dan mengoperasikan perangkat BTS,” pungkasnya.

Menara BTS (samaa.tv)

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua, Kansiana Salle berharap, melalui sosialisasi yang diikuti pemerintah kabupaten dan kota, ada dukungan untuk memudahkan pembangunan BTS Blankspot di seluruh pelosok Bumi Cenderawasih. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...