Pemkot Ajak 14 Pemerintah Kampung Kelola Dana Secara Baik

Plh Sekda Kota Jayapura, saat membawakan sambutan. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dengan disahkannya Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus Tata pemerintahannya sendiri serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di kampung.

 

Wali Kota Jayapura dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plh Sekda Kota Jayapura, Nurjainuddin Konu mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura sangat mengharapkan agar pemerintah kampung untuk lebih mandiri dalam mengelola pemerintahan, keuangan dan kekayaan milik kampung.

 

Hal tersebut disampaikannya pada acara penutupan kegiatan implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi 14 kampung di Kota Jayapura Tahun Anggaran 2017, yang di gelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kota Jayapura, bertempat di Grand Abe Hotel, Rabu (22/11/2017).

 

“Begitu besar peran yang diterima oleh Kampung, tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula. Oleh sebab itu, pemerintah Kampung harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata pemerintahannya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan Kampung harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” paparnya.

KEINDAHAN TELUK YOUTEFA. Sebagian daerah masih ditanam pohon sagu hingga holtekamp sampai Kampung Skouw dan sekitarnya. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

Dilanjutkannya, dalam pengelolaan lowongan kampung yang transparan, akuntabel, efektif dan efisien, Pemkot Jayapura telah bekerja sama dengan BPKP Perwakilan Provinsi Papua.

 

Untuk itu, pemerintah kampung di Kota Jayapura harus menerapkan atau mengimplementasikan Siskeudes.

 

“Saya mengharapkan kepada BPKP selaku mitra kerja Pemkot Jayapura untuk terus mendorong dan memberikan arahan kepada pemerintah Kampung terutama tim Satgas dan pendamping Kampung demi peningkatan akuntabilitas keuangan negara di kampung,” ucapnya.

 

Sehingga dengan adanya latihan aplikasi keuangan kampung yang telah dilaksanakan selama 6 hari ini, Konu mengharapkan kepada para Satgas dan pemerintah Kampung dapat mewujudkan tata kelola keuangan kampung yang bersih, tertib, efektif dan efisien sesuai proses pengawasan dan pemeriksaan pertanggungjawaban keuangan Kampung agar lebih diterapkan di kampung.

 

Sementara itu, Kepala DPMK Kota Jayapura, Daniel Mano menjelaskan, bahwa  tujuan dari pelaksanaan kegiatan implementasi Siskeudes itu, agar transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran.

Kota Jayapura, tetap menjadi perhatian pemerintah hingga kampung – kampung, Kini semakin banyak kendaraan hingga banyak kemacetan yang harus menjadi perhatian pemerintah. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

Sedangkan dipaparkannya, manfaat dari kegiatan ini adalah agar tidak melakukan perubahan data bidang pembagian sebagaimana diatur dalam Permendagri nomor 114 tahun 2014. Kemudian untuk keseragaman dan keselarasan dalam pembangunan desa, untuk menginput Data kegiatan pada masing-masing bidang, serta untuk sinkronisasi referensi sumber data yang ditetapkan di Kota Jayapura, seperti Dana Desa, Alokasi Dana Desa, dan Alokasi Bagi Hasil Pajak.

 

Ia pun merekomendasikan perlu adanya Peraturan Walikota bagi pemerintah kampung untuk mengaplikasikan Siskeudes.

 

Adapun penjelasan materi umum oleh BPKP Perwakilan Provinsi Papua. Peserta pelatihan sebanyak 30 orang yang terdiri dari Satgas, staff DPMK Kota Jayapura, Aparatur Distrik, dan para pendamping kampung.

Suasana Kampung Enggros. Kota Jayapura (Eveerth Joumilena)

Dalam kesempatan yang sama, Aparatur Distrik Muara Tami, Boy Fonataba berharap agar pelatihan Kegiatan ini dapat dianggarkan pada tahun yang akan datang agar dilakukan latihan secara berjenjang.

 

Dirinya juga berharap ada jadwal untuk konsultasi dan koordinasi antara Pemkot Jayapura dan BPKP perwakilan Papua dirinya juga berharap ada jadwal untuk konsultasi dan koordinasi antara Pemkot Jayapura dan BPKP Perwakilan Provinsi Papua ke depan. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...