Kankain Kakara Byak Siap Gelar Mubes di Ridge

0
465
Selain meresmikan rumah sakit Lukas Enembe, pada Kamis (18/5/2017). dalam kesempatan yang sama juga menyerahkan bantuan secara simbolis dana Bantuan Stimultan Perumahan Swadaya kepada sejumlah penerima manfaat di halaman kantor Distrik Biak Kota, langsung oleh Lukas Enembe, yang pada waktu masih menjabat Gubernur Papua, (Istimewa)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) II Kankain Kakara Byak (KKB) pada Selasa (5/12/2017) di PPG Petrus Kafiar, Ridge II Biak, dipastikan bakal dihadiri sedikitnya 5.000 orang.

Pelaksanaan Mubes yang juga akan dirangkaikan dengan perayaan natal bersama seluruh masyarakat maupun peserta musyawarah.

“Oleh karena itu, panitia menghimbau kepada seluruh Kawasa Byak untuk memberikan dukungan moril maupun finansial bagi pelaksanaan Mubes II KKB”.

“Memang kepengurusan yang lama ini belum melakukan konsolidasi untuk pergantian. Namun kami menganggap bahwa kegiatan ini penting untuk rekonsiliasi kembali seluruh orang Biak di negeri ini,” terang Ketua Panitia Mubes II, Willem K Rumpaidus,  di Jayapura, Rabu (29/11).

Menurut dia, tema sentral kegiatan Mubes II KKB adalah Byaksi yang berarti menjadi roh untuk orang Biak. Sementara sub tema kegiatan Mubes adalah revitalisasi kelembagaan adat sebagai upaya penguatan jati diri Snonkaku Byak.

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe dikonfirmasi bakal hadir untuk membuka kegiatan Mubes II KKB tersebut.

Pihaknya juga berharap orang nomor satu di Papua itu, yang juga diundang dan diangkat sebagai sesepuh masyarakat Byak, dapat memberikan arahan serta motivasi bagi seluruh peserta Mubes di kota karang tersebut.

“Yang pasti, kegiatan Mubes II KKB ini akan dihadiri oleh seluruh Kawasa Byak (Orang Biak,red) yang berdomisili di Papua. Tak hanya itu, mereka yang tinggal di Papua Barat dan berdiaspora di seluruh Indonesia baik cendekiawan dan praktisi adat kita pastikan akan hadir”.

“Sebab inilah iven akbar untuk mengumpulkan orang Biak yang ada di selurh nusantara,” pungkas dia. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here