Pemprov Papua Jamin Mudahkan Nelayan Untuk Klaim Asuransi

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, F X. Mote. (Erwin)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)   Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Papua memberikan jaminan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat pemegang kartu nelayan dalam hal klaim asuransi sakit maupun kematian.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua,  FX. Mote kepada wartawan mengaku siap membantu akses klaim pembayaran premi bagi nelayan. Kendati demikian, para nelayan diminta untuk melengkapi berkas persyaratan yang dibutuhkan, ketika melakukan pengajuan.

“Yang pasti untuk klaim biaya pengobatan karena sakit tentu wajib ada surat dokter. Pengajuan tentu disampaikan kepada kami di dinas kelautan, lalu akan kita lanjutkan ke Jasindo untuk memprosesnya,” katanya.

“Begitu juga untuk pengajuan premi cacat atau kematian,” terang Mote dalam satu kesempatan di Jayapura, kemarin.

Sementara untuk untuk nilai presmi yang diterima nelayan, Rp .200 juta meninggal saat melaut, Rp160 juta meninggal saat tidak melaut, cacat permanen Rp.100 juta dan sakit Rp20 juta.

Namun untuk bisa tercover sebagai pemegang polis asuransi, yang bersangkutan wajib membayar uang bulanan senilai Rp. 175 ribu. “Yang pasti jika polis asuransi dibayar untuk pengajuan klaim pastinya akan mudah. Makanya, kita selalu ingatan nelayan untuk membayar kewajiban bulanan itu dan jangan menunggak,” terangnya.

Wilayah Laut disekitar perbatasan harus terus dijaga. Tampak Wilayah Laut di Kampung Enggros.
(LintasPapua.com)

Sementara bagi masyarakat yang ingin tercover asuransi, diimbau segera melakukan pengurusan kartu nelayan ke Dinas Kelautan Papua. Masyarakat cukup membawa KTP atau surat pengantar atau keterangan dari RT/RW

Ditambahkan, selain menerima asuransi, pemilik kartu nelayan mendapatkan berbagai program seperti akses pembelian BBM bersubsidi, biaya pendidikan untuk anak-anak mereka. “Bahkan ada bantuan bagi nelayan, lalu dapat akses pembuatan sertifikat tanah”.

“Yang pasti, bagi mereka yang telah mendapat kartu nelayan itu merupakan sebuah identitas atau harga diri yang membedakan dengan orang lain. Sebab nelayan ini merupakan sebuah profesi dalam pekerjaan. Bahkan tidak dapat dilaksanakan oleh semua orang. Tetapi hanya orang tertentu saja yang dapat melakukannya,” tutur dia. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...