Pemprov Papua Ajak Pihak Swasta Dukung Pembanguan Gudang Beras

Suasana tanam padi bersama masyarakat di Kampung Serapo (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Pemerintah Provinsi Papua menilai perlu ada campur tangan pihak swasta untuk mendukung penampungan beras masyarakat, lebih khusus di wilayah Kabupaten Merauke yang memiliki produksi dengan jumlah besar.

 

“Sebab memang di Merauke masih memerlukan gudang. Karena meski beberapa waktu pihak Bulog sudah meresmikan gudang yang baru, pada akhirnya masih belum cukup menampung seluruh hasil produksi beras” terang Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty, di Jayapura, Jumat (17/11/2017).

Dia menilai produksi beras di Papua secara umum akhir-akhir ini terlihat semakin membaik. Dimana, selain Kabupaten Merauke, pemerintah daerah sudah mendorong peningkatan hasil produksi dengan memperluas pola tanam di Kabupaten Nabire, Dogiyai maupun Deyai.

Berkenaan dengan hal itu, pihak swasta pun di dorong untuk bermitra dengan pemerintah daerah, sekaligus memfasilitasi pembangunan gudang beras. Sebab meski telah dibangun gudang baru oleh pihak Bulog, namun belum mampu menampung seluruh hasil produksi masyarakat.

“Karenanya, kita sambut baik ada upaya dari sejumlah pihak swasta di Kabupaten Merauke yang justru mendukung dan menyediakan satu tempat untuk menjadi gudang beras di Merauke”.

Dengan begitu, diharapkan kedepan, Papua tak lagi mendatangkan beras luar Papua. “Yang pasti Kabupaten Merauke sudah mulai memenuhi kebutuhan berasnya sendiri. Sebagian wilayah seperti Kabupaten Jayapura, Nabire juga sudah mulai ada peningkatan,” katanya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua, Elia Loupatty (Erwin)

“Diharapkan daerah lainnya bisa meningkatkan hasil produksi sehingga tak lagi kita mengharapkan beras dari daerah lain di Papua,” harapnya.

Pada kesempatan itu, dia mengapresiasi jajaran terkait yang berupaya mendorong petani sekaligus memotivasi untuk meningkatkan hasil produksi di seluruh daerah. Bahkan, upaya tersebut mampu mendorong penyerapan beras berjalan 100 persen Kabupaten Nabire.

Ia pun meminta pihak Bulog untuk mendorong penyerapan penyaluran beras di wilayah lainnya, agar penyerapan beras bisa berjalan maksimal di seluruh provinsi ini. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...