Pemkot dan FKPM Tatap Muka Menuju Tertib dan Damai 2018

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Distrik Heram menyelenggarakan kegiatan tatap muka Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) se-Kota Jayapura, bertempat di Kantor Distrik Heram, Kamis (23/11/2017).

Kegiatan yang mengusung tema keberlangsungan kegiatan FKPM yang aman, tertib dan damai menuju tahun baru 2108 itu dihadiri oleh Wakil Wali Kota Jayapura, Perwakilan Polsek Heram, Perwakilan Koramil Distrik Muara Tami, Kepala Distrik Heram, Kabid pemberitaan RRI, Kepala Kelurahan Waena, Kepala Kelurahan Yabansai, Kepala Kelurahan Hedam, Ondoafi Yoka dan Waena, serta FKPM se-Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura yang diwakili oleh Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura sangat menyambut positif adanya FKPM yang dibentuk di setiap kelurahan dimana dapat memberikan pengharapan dan motivasi kepada masyarakat untuk menangani suatu masalah sosial di lingkungannya. Karena menurutnya, setiap masalah tidak harus diselesaikan di kantor polisi.

Tapi diharapkannya dapat dicegah dan diselesaikan secara bersama-sama dengan masyarakat. Dikarenakan FKPM di bentuk dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, juga ada pemerintah dan polisi yang bersatu untuk menciptakan solusi untuk mencegah konflik sosial yang terjadi di lingkungan masing-masing.

“Tentunya diantara anggota forum harus bekerja sama dengan baik. Seperti melakukan pendekatan sesuai dengan aturan atau budaya, misalnya ada hal-hal yang perlu diselesaikan dengan tokoh adat dan disesuaikan dengan budaya lingkungan setempat. Mengingat permasalahan sosial yang terjadi forum ini harus melibatkan semua komponen masyarakat untuk mencegah sedini mungkin masalah kekerasab terhadap perempuan, kenakalan remaja, kriminal, pencurian dan lain-lain,” jelas Rustan.

Untuk itu, Pemkot Jayapura mengharapkan FKPM tidak bertentangan dan menjadi beban bagi masyarakat di lingkungannya. Tapi ini menjadi forum kemitraan polisi dan masyarakat yang harus berjalan seirama dengan baik. Dan perlu dilaksanakan dengan kerja sama dan persatuan.

“Mohon kepada petugas FKPM yang telah dikukuhkan oleh pemerintah untuk betul-betul bekerja dengan baik, jauhkan kepentingan pribadi dan harus bekerja sesuai dengan hati nurani supaya betul-betul dapat bekerja dengan jujur,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Distrik Heram, Jaya Kusuma mengharapkan bahwa FKPM itu dibentuk untuk membantu polisi dan pemerintah dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban di Kota Jayapura, terlebih khusus di setiap lima distrik yang ada.

Dalam kesempatan itu, FKPM menyampaikan keluhannya terkait masalah biaya operasional dan berdiskusi terkait masalah-masalah sosial masyarakat yang marak terjadi di lingkungan setempat, diantaranya masalah pencurian, orang mabuk, keributan dan sebagainya.

Meskipun demikian, Pemkot Jayapura yang terlibat berjanji akan memberikan bantuan dana operasional kepada FKPM se-Kota Jayapura.

Maka FKPM di tuntut untuk dapat bekerja sama dengan pihak terkait dalam rangka menciptakan suasana lingkungan yang aman, tertib dan damai. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...