FESMED AJI 2017 : Fasilitas Facebook Live Permudah Peliputan Berita

0
5

SOLO (LINTAS PAPUA)  –  Fasilitas streaming video Facebook Live mempermudah wartawan dalam melakukan peliputan peristiwa. Fasilitas ini banyak digunakan untuk keperluan breaking news.

Sejak diluncurkan kali pertama, Facebook live mengalami empat kali upgrade. Hal yang menarik dari layanan itu adalah menyajikan siaran langsung, interaktif, memiliki perspektif unik, memiliki keterkaitan, autentik, dan tidak terduga. Pemirsa juga tida memerlukan kualitas gambar yang bagus, yang penting adalah isinya.

“Seperti yang dilakukan Tribun Bali saat gunung Agung kembali aktif. Reporter langsung bicara dengan petugas tentang kejadian gunung Agung,” kata Alice Budisatrijo, Media Partnership Manager Facebook Indonesia, dalam Workshop Penggunaan Facebook untuk Penyebaran dan Peliputan Berita dalam rangkaian Festival Media AJI 2017 di Grha Soloraya, Kamis (23/11/2017).

Tak hanya itu, presenter terkenal Najwa Shihab, pernah melakukan wawancara melalui Facebook Live. Saat itu, Najwa sedang tidak ada di studio. Ia lalu menggunakan live di Facebook dimulai saat siap-siap. Bahkan Najwa sempat mengundang teman-temannya di Facebook untuk bertanya.

“Sekarang media sosial bisa digunakan secara interaktif dua arah,” ujar Alice.

Alice menjelaskan 90 persen pengguna Facebook mengakses video melalui ponsel. Sedangkan, 40 persen durasi tampil di Facebook ditentukan berdasarkan tingkat share.

“Durasi video tidak berarti membuat bosan. Video dengan durasi 2-10 menit asal dibikin dengan niat bisa jadi membuat orang tertarik,” beber Alice.

Layanan Facebook Live membuat penyajian berita lebih menarik. Audiens bisa menikmati tayangan suatu peristiwa secara langsung tanpa editing, benar-benar apa adanya.

“Namun perlu jadi perhatian bahwa menarik bukan berarti click bait dan caption bukan headline,” tutur dia.

Ia mencontohkan ada beberapa tema menarik yang bisa dilakukan dengan Facebook live, misalnya tokoh luar biasa. Penonton banyak menikmati tayangan video menarik yang inspiratif, dengan editan yang bagus dan terjemahan yang jelas. Tema kemanusiaan dan isu sosial juga menjadi tema yang tak luput dari pandangan audiens.

”Misalnya soal lelaki di Bekasi yang menafkahi seribu janda lanjut usia. Liputan 6 juga perna membuat video dengan menggunakan teks. Jadi bisa ditonton sound off,” terang Alice.

Alice juga membagikan cara menggunakan Facebook dengan aman, salah satunya adalah peringatan tentang yang tidak dikenali saat login. Pengguna Facebook juga disarankan memanfaatkan layanan autentifikasi dua faktor. Jika seseorang ingin mengaksesn akun Facebook menggunakan password, Facebook akan mengirimkan kode tertentu melalui pesan singkat SMS.

“Tapi jika masih bisa diretas, ada fitur Facebook Hacker. Bisa dilaporkan ke sana,” urai dia. ( Panitia Fesmed AJI 2017 :  Petugas Humas, Cahyadi Kurniawan)