Wali Kota BTM Ajak 14 Kampung Belajar Aplikasi SISKEUDES Baik

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., saat membawakan sambutannya. (Fransisca / LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) kota Jayapura mengadakan kegiatan implementasi sistem keuangan kampung(SISKEUDES) selama satu minggu,  sehingga diharapkan aparatur 14 Kampung dapat belajar aplikasi ini secara baik.  di Grand Abe Hotel Jayapura, Kamis (16/11/2017).

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM.,  berpesan,  untuk mempermudah perangkat desa dalam menyusun laporan pengelolaan keuangan desa, badan pengawasan keuangan dan pembangunan (BPKP) telah meluncurkan sebuah aplikasi yang bernama Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES).

 

“Siskeudes merupakan salah satu aplikasi produk ti dari BPKP untuk mempermudah pengelola dana desa dalam pengendalian maupun monitoring evaluasinya, di mana mendagri sendiri telah menerbitkan surat edaran yang berisi tentang  instruksi kepada semua kepala daerah untuk menggunakan aplikasi ini,” ungkapnya.

Wali Kota BTM saat memberikan tanda peserta kepada masyarakat yang ikut kegiatan tersebut. (Fransisca/LintasPapua.com)

Ditegaskan, oleh karena itu, Pemerintah Kota Jayapura sebagai pemerintahan bawahan, menjadi sebuah kewajiban dalam melaksanakan kegiatan ini, untuk memberikan pemahaman dan melatih Tim Satgas Kota Jayapura besarta pendamping kampung dalam menginput anggaran pendapatan dan belanja kampung (APBK) dan pertanggung jawabanya di 14 kampung.

“Saya meminta agar para peserta dapat betul – betul mempelajari aplikasi ini dan nantinya bisa mengaplikasikan dan membantu dalam pelaporan yang tersistem dengan aplikasi ini. selaku walikota jayapura, saya juga berharap kepada BPKP Papua, agar dapat melakukan pelatihan lagi di lain kesempatan untuk para pendamping di  kampung-kampung, karena aplikasi ini baru akan diterapkan pada 14 kampung di Kota Jayapura,” tutur Benhur Tomi Mano, yang merupakan putra asli Kampung Tobati ini.

Wali Kota dua periode ini berharap, bahwa sesuai instruksi kepada semua kepala daerah untuk menggunakan aplikasi ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kota Jayapura, Drs. Daniel Mano, M.Si., saat memberikan sambutannya. (Fransisca /LintasPapua.com)

“Saya meminta agar para peserta dapat betulbetul mempelajari aplikasi ini dan nantinya bisa mengaplikasikan dan membantu dalam pelaporan  yang tersistem dengan aplikasi ini,” harapnya.

 

Sementara itu, Peserta antara lain 14 orang Satgas dan  8 orang aparatur Distrik, 6 orang staf DPMK, 16 orang pendamping desa, keseluruhan 30 orang Akan menerima materi pemaparan teori dan praktek sistem aplikasi SISKEUDES demi terwujudnya wilayah tertib dicanangkan Walikota yaitu : tertib administrasi, tertib aturan, bebas korupsi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kota Jayapura, Drs. Daniel Mano, M.Si.,  mengatakan, bahwa  kegiatan ini  berdasarkan latar belakang Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan  telah memberikan nuansa baru dan semangat baru bagi pemerintah kampung sebagai ujung tombak pemerintahan dalam rangka mengembangkan wgas negara yang efektif.

“Maka perlu adanya pembinaan. pelatihan bagi aparatur pengelola dana desa, agar dalam pengelola dana desa secara profesional dan akuntabel,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kota Jayapura, Drs. Daniel Mano, M.Si., dalam sambutannya.

Wali Kota BTM tampak ceria bersama peserta saat mengalungkan tanda peserta. (Fransisca/LintasPapua.com)

Disampaikan, bahwa  tujuannya adalah mewujudkan rencana aksi kpk terhadap pengawaian dana kampung di kota jayapura, sekaligus menindaklanjuti kerjasama pengawasan. pengawalan dana kampung antara Wali Kota Jayapura dengan BPKP Perwakilan Provinsi papua

“Manfaatnya melatih pendamping dan pengelola dana desa untuk mampu mengelola secara profesional transparan dan akuntable agar para pendamping dan aparatur desa mampu menguasai sistem keuangan desa,” tandasnya. (Fransisca /LintasPapua.com)

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...