Wali Kota BTM Tegaskan ASN Dibayar Sesuai Kinerja

0
51
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., bersama Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., selalu mengajak ASN untuk bekerja melayani masyarakat secara baik serta terus menata ASN untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

 

Suasana Kegiatan (Elsye Sanyi)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Bagian Organisasi dan Tatalaksana (Ortal) Sekretariat Daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura menggelar sosialisasj nomenklatur dan uraian tugas jabatan pelaksana pada kegiatan penyusunan analisis beban kerja di lingkungan Pemkot Jayapura, di Hotel Le Premiere Kelurahan Entrop, Kamis (16/11/2017).

 

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM mengawali sambutannya dengan mengatakan saat ini sistem pemerintahan di lingkup Pemkot Jayapura telah mengunakan e-planning dan e-budgeting. Dan pada 1 Januari 2018, pihaknya akan membayar atau memberikan upah Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan kinerja nya, baik itu tenaga guru, tenaga kesehatan bahkan ASN lingkup Pemkot Jayapura. Sehingga dirinya telah memerintahkan tim anggarannya untuk mengkaji dengan baik.

 

Kemudian lanjutnya, melalui sosialisasi yang di gelar ini kita akan menyamakan persepsi dan uraian tugas jabatan sehingga dapat diterapkan guna mewujudkan pemerintahan yang baik.

 

“Saya harapkan semua peserta dapat memahami dan menerapkan ilmu yang di dapat melalui sosialisasi ini dalam instansi masing-masing,” harapnya.

 

Selain itu juga, ia mengharapkan adanya diskusi-diskusi yang sangat positif dan memberikan masukan untuk perbaikan yang baik dalam rangka mengatur nomenklatur dan uraian tugas.

 

“Saya berterima kasih kepada narasumber untuk memberikan persentase bagi kita di hari ini tentang bagaimana melakukan kinerja yang baik. Untuk itu saya minta agar para peserta dapat mengikutinya dengan baik,” ujarnya.

 

Menurutnya, sosialisasi ini sangat penting untuk di ikuti oleh semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot karena menjadi acuan dan paduan dalam penyusunan dan penetapan kebutuhan, penentuan pangkat, jabatan dan pengembangan karir, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja, pengkajian dan pendanaan serta pemberhentian.

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., bersama Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., selalu mengajak ASN untuk bekerja melayani masyarakat secara baik serta terus menata ASN untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
(Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Sementara itu, Kepala Ortal Setda Kota Jayapura, Mina E. Waromi memaparkan untuk menyempurnakan OPD yang telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang pembentukan dan penyusunan OPD kota Jayapura, maka dipandang perlu menyusun nomenklatur dan uraian tugas jabatan pelaksana pada setiap OPD dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 25 Tahun 2016 tentang jabatan pelaksana bagi pegawai negeri sipil di lingkungan instansi pemerintah.

 

Mina menjelaskan adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman masing-masing OPD tentang nomenklatur jabatan pelaksana dan uraian tugasnya masing-masing OPD di lingkungan Pemkot Jayapura.

 

“Kami mengharapkan adanya masukan dan saran yang bersifat positif untuk perbaikan atau penyempurnaan nomenklatur dan uraian tugas masing-masing OPD,” harapnya.

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Jayapura (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Adapun hasil yang ingin diharapkan ialah tersusunnya nomenklatur dan uraian tugas jabatan pelaksana masing-masing OPD. Dan setiap pegawai telah mempunyai nama jabatan dan uraian tugasnya pada lingkup kerja masing-masing OPD, serta sebagai bahan penyusunan tahapan dalam penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja.

 

Sosialisasi sehari itu di ikuti oleh OPD dan ASN di lingkup Pemkot Jayapura, dan narasumber berasal dari Universitas Hasanudin Makassar. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)