Dorong Kualitas Kinerja Pemerintah, Wali Kota BTM Harap LAKIP Naik ke Peringkat B

0
5
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, MM., saat menyampaikan sambutannya. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM.,  mengharapkan di tahun 2018, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura dapat meningkat menjadi peringkat B.

“Kita punya LAKIP tidak pernah naik kelas, tinggal terus di tingkat C. Apakah pemimpinnya yang malas tahu atau tidak tahu tentang ini. Jika kurang nya dimana dan kita lemahnya di mana, harap dapat dipelajari dengan baik supaya tahun depan kita bisa naik peringkat ke tingkat B,” ujarnya pada saat memberikan sambutan di acara sosialisasi nomenklatur dan uraian tugas pelaksana yang di gelar oleh Ortal Setda Kota Jayapura, bertempat di Hotel Le Premiere, Kamis (16/11).

 

Mano mengakui, dirinya inginkan harus ada perubahan di pemerintahan. Harus ada sesuatu yang berubah berarti dengan melakukan inovasi baru.

 

Menurutnya, pembangunan itu identik dengan inovasi. Untuk itu, ia meminta bagian Ortal Setda Kota Jayapura harus kuat dan berkoordinasi baik dengan Bagian Hukum Kota Jayapura untuk menguatkan dan meningkatkan LAKIP Pemkot Jayapura.

 

Dijelaskannya, LAKIP merupakan produk akhir Sistem Akuntabilitas Kinerja Instasi Pemerintahan (SAKIP) yang menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBN/APBD.

Wali Kota Bersama Pimpinan OPD Pemerintah Kota Jayapura. (Elsye Sanyi)

Sedangkan SAKIP ialah sistem yang merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)