10.035 Orang Akan Kunjungi Papua Saat PON XX 2020

0
8
Suasana aksi demo simpatik dari masyarakat lima wilayah adat, yang menuntut stop kriminalisasi kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, Selasa kemarin, di Halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, Elia Loupatty, saat diwawancara. (Erwin)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua mengestimasi sekitar 10.035 orang bakal mengunjungi  Bumi Cenderawasih saat perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 mendatang.

Puluhan ribu orang ini terdiri dari 6.690 atlet dan 3.345 official yang bakal disebar pada lima wilayah penyelenggaraan PON, guna mengikuti 38 cabang yang akan dipertandingan, dengan rincian 59 disiplin dan 674 nomor pertandingan.

“Makanya saya minta semua pihak terkait yang masuk dalam kepanitiaan, lebih khusus Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk bekerja keras mempersiapkan pelaksanaan PON di Papua”.

“Paling tidak wajib mencapai sasaran yang ingin dihasilkan dalam penyelenggaraan PON, yakni empat sukses. Yaitu, sukses administrasi, prestasi, penyelenggaraan dan pembangunan daerah maupun ekonomi,” terang Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteaan Rakyat Sekda Papua Elia Loupatty, dalam satu kesempatan, Jumat kemarin.

Loupatty juga berhara ada perencanaan strategis melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), agar penyelenggaraan PON dapat berjalan sesuai rencana.

“Dengan demikian saya harap mesti ada perencanaan dalam bentuk cetak biru untuk mensukseskan iven empat tahunan ini. Kemudian, tersusunnya road map pembangunan dan implementasi TIK, baik untuk persiapan dan pelaksanaan PON XX Tahun 2020, yang mencakup pembangunan serta implementasi sistem informasinya,” terang dia.

Sementara untuk memaksimalkan penyelenggaraan PON di Papua, pemerintah provinsi dipastikan merekrut 16 ribu sumber daya manusia (SDM), yang diharapkan mulai direkrut dan diberi pelatihan sejak saat ini, supaya pada saat hari pelaksanaan, mereka maksimal menjalankan setiap tugas pokok yang diembankan.

Keindahan Kota Jayapura. (Eveerth Joumilena/ Koran Harian Pagi Papua)

“Hanya 16 ribu SDM ini kemungkinan untuk Kota dan Kabupaten Jayapura. Karena kabupaten Biak, Merauke, Mimika dan Jayawijaya belum memberi gambaran. Tapi kalau merujuk pada PON di Jawa Barat 2016, mereka merekrut sekitar 30 ribu SDM,” terangnya.

Pada kesempatan itu, ia mengajak sejak saat ini seluruh orang Papua berpikir mensukseskan PON, sebab iven empat tahunan ini merupakan harga diri masyarakat Bumi Cenderawasih. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)