Friday, 24 Nov 2017
Berita Port Numbay

Wali Kota BTM Apresiasi Marinir Dalam Menjaga Wilayah Laut di Batas RI – PNG

Kedua Pemimpin saat bersalaman dalam menjalani persahabatan dan kerjasama menjaga Papua tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam Suasana HUT KE-72 KORPS MARINIR. (Humas Kota Jayapura /Istiimewa)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Korps Marinir Batalyon Pertahanan Pangkalan X peringati HUT ke-72, Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, apresiasi tugas pengawasan dan pengamanan wilayah laut perbatasan Indonesia dan Papua New Guinea yang rawan dilalui pengedar ganja.

“Sebagai Ibu Kota Provinsi Papua, 30 persen wilayahnya berbatasan dengan perairan laut pasifik, pemerintah apresiasi Lantamal X serta Korps Marinir dan Dirpol Air Polda dalam mengawasi dan pengamanan wilayah perbatasan,” ujar  Dr. Benhur Tomi Mano, MM., pasca mengikuti upacara HUT ke-72 Korps Marinir di halaman belakang markas Lantamal X, Hamadi, Rabu 15 November 2017.

Pada kesempatan itu, Wali Kota berharap, kerjasama yang telah terjalin dengan Danlantamal X dalam bentuk bantuan speed boat guna memaksimalkan tugas pengawasan dan pengaman. Kampung Skouw Sae dan Moso menjadi wilayah terdepan daerah perbatasan, upaya pengamanan hingga saat ini dinilai Wali Kota sudah sangat memuaskan demi menjaga keutuhan NKRI. Kemudian ia juga memperhatikan maraknya kasus pengeboman ilegal sumber daya alam dalam memperoleh ikan.

Baca Juga :  Wali Kota BTM Arahkan OPD Tambah Jam Pelayanan Hingga  Sabtu

Sementara itu, Mayor Marinir La Ode Admin menyampaikan selama 72 tahun keberadaan Korps Marinir di tengah masyarakat telah meraih keberhasilan penugasan, dalam bentuk operasi dan pelatihan serta perbantuan kepada pemerintah daerah dan polri.

KEBERSAMAAN DALAM PERAYAAN HUT KE-72 KORPS MARINIR. (Humas Kota Jayapura)

“Pencapaian tersebut karena sumbangsih dan pemikiran serta bantuan pemerintah pusat, pemerintah daerah, rekan TNI-Polri, dan masyarakat,” katanya.

 

Peringatan tersebut, lanjutnya, menjadi refleksi daya juang yang tinggi dan kerelaan berkorban dari tiap individu marinir, baik saat pelaksanaan tugas maupun di basis.

 

Punck peringatan tersebut dimeriahkan beberapa perlombaan di antaranya, lomba dayung perahu karet, lomba menangkap bebek, dan tarik tambang perahu naga. (Humas Kota Jayapura)