Friday, 24 Nov 2017
Kesehatan

Bupati Watae Sosialisasikan Germas di HKN Tingkat Keerom

Bupati Keerom, Drs. Celsius Watae MH dan Wabup Keerom, Muh. Markum SH, MH, MM, bersama Dansatgas Yonif 410/ALG, Letkol Inf. Hery Amrullah dan Kadinas Kesehatan Keerom, dr. Ronny JA Situmorang saat kegiatan Hari Kesehatan Nasional tingkat Keerom, kemarin. (Rif/Koran Harian Pagi Papua)

Juga Canangkan Kelambu Massal, Pembagian SK PTT Kesehatan dan Aneka Lomba

KEEROM (LINTAS PAPUA)Gerakan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2017 tingkat Keerom baru dilaksanakan oleh Dinkes Keerom dengan beragam acara yang dipimpin Bupati Keerom, Drs. Celsius Watae MH. Kegiatan dilaksanakan di Halaman Kantor Dinkes Keerom, Arso Kota, Keerom, Senin (13/11/2017) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Keerom, Drs. Celsius Watae MH, melakukan pencanangan Germas (gerakan masyarakat hidup sehat) dengan melakukan pelepasan balon Germas. Dilanjutkan dengan melakukan contoh makan-makanan sehat dan bergizi dengan makan buah-buahan bersama Wabup Keerom, Muh. Markum SH, MH, MM, Dansatgas Yonif 410/ALG, Letkol Inf. Heri Amrullah, Kadinas Kesehatan Keerom, dr. Ronny JA Situmorang dan ramu undangan lain.

Bupati Keerom saat membacakan amanat Menteri Kesehatan, Prof. DR. Nila Farid Moeloek, SPM (K), pada kesempatan tersebut mengemukakan Hari Kesehatan Nasional tahun 2017 mengambil tema ‘’Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku’ adalah tema yang sejalan dengan program Indonesia Sehat, melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk sehat.

Baca Juga :  Bupati Keerom Terima Penghargaan Mangggala Karya Kencana

‘’Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai no 36 tahun 2009, program Indoensia sehat melalui pendekatan keluarga, menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, prilaku dan gaya hidup yang sehat, oleh karena itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga,’’ungkapnya.

Bupati Keerom, Drs. Celsius Watae MH dan Wabup Keerom, Muh. Markum SH, MH, MM, bersama Dansatgas Yonif 410/ALG, Letkol Inf. Hery Amrullah dan Kadinas Kesehatan Keerom, dr. Ronny JA Situmorang saat kegiatan Hari Kesehatan Nasional tingkat Keerom, kemarin. (Rif)

Ditambahkan, program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik upaya kesehatan perorangan (UKP) maupun upaya kesehatan masyarakat secara berkesinambunhan dengan target/focus kepada keluarga berdasarkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga dan memberikan intervensi awal apabila ada masalah kesehatan terhadap 2 indikator seperti yang terdapat pada paket informasi kesehatan keluarga (Pinkesga).

‘’Selain penyelenggaraan program Indonesia sehat dengan mendekatkan keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Germas, hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait, oleh karena itu kementerian kesehatan mendorong terlaksnakanya Germas. Dengan Germas kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masarakat untuk berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa indomesia yang kuat,’’pesannya.

Baca Juga :  JWW Akui RS Bertaraf Internasional Siap Dibangun di Wamena

Dalam kegiatan HKN tersebut, selain memasyarakatkan Germas, juga dilakukan pencanangan kelambu massal, pembagian SK Dokter dan Bidan PTT (pegawai tidak tetap), juga penyerahan hadiah kepada juara lomba tumpeng, tari aster dalam rangka HKN, serta penyerahan penghargaan kepada kampung berprestasi dibidang kesehatan yaitu untuk Kampung Workwana dan Kampung Pikere. (Rif / Koran Harian Pagi Papua)