Friday, 24 Nov 2017
Berita Port Numbay

Dari 14 Kampung, Hanya Yoka Bisa Terima Dana Desa Tahap Kedua

 

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., saat berada di Kampung Yoka, memegang dayung sebuah perahu untuk bantuan kepada masyarakat. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura, Adolf Siahay mengungkapkan dari 14 kampung yang ada di Kota Jayapura, saat ini hanya Kampung Yoka yang bisa mencairkan Dana Desa (DD) tahap kedua Tahun Anggaran 2017 sebesar 40 persen, yang berasal dari APBN.

Menurutnya, dari penggunaan DD tahap pertama sebesar 60 persen, baru Kampung Yoka yang telah menyerahkan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) tahap pertama, sedangkan 13 kampung lainnya belum. Hal tersebut dikatakan Siahay saat di konfirmasi oleh beberapa wartawan, Rabu (8/11/2017).

“Tugas SPJ ini untuk segera dilaporkan ke pihak BPKAD Kota JAyapura secara resmi adalah tugasnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMMK) Kota Jayapura, sehingga jika ada perhatian serius dari DPKM untuk secepatnya meminta agar 13 kampung dapat melaporkan SPJ tahap perta,a mereka masing-masing, agar DD tahap kedua dapat segera dicairkan jika SPJ tahap pertama sudah dilaporkan,” pungkasnya.

Masyarakat Kampung Yoka saat bersama – sama mengerjakan pembuatan perahu tradisional, yang mendapatkan bantuan pembiayaan dari Pemerintah Kota Jayapura. (istimewa)

Sementara itu, Kepala DPMK Kota Jayapura, Drs. Daniel Mano, M.Si mengakui pihaknya telah mengimbau kepada 13 kampung pengguna DD tahap pertama untuk segera menyerahkan SPJ tahap pertama.

Baca Juga :  Pemkot  Jayapura Siap Bantu Dokumen Warga Weref  Yang Terbakar

“Jika tidak DD tahap kedua yang sebesar 40 persen itu tidak dapat dicairkan dan diterima oleh kampung yang belum melaporkan SPJ yang telah digunakan untuk membiayai program sesuai yang diprogramkan pada tahap pertama,” tandasnya.  (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua).