Friday, 24 Nov 2017
Sosial Masyarakat

Ditemukan Ladang Ganja di Perbatasan RI – PNG

Ladang Ganja yang ditemukan di Perbatasan RI – PNG. (istimewa)

KEEROM (LINTAS PAPUA)  –  Kegiatan patroli keamanan yang dilakukan oleh prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY kembali berhasil menemukan tanaman ganja setinggi 2 s.d 2,5 meter di wilayah perbatasan RI – PNG pada hari Minggu 12 November 2017.

Tiada kata lelah ataupun bosan, Satgas Pamtas RI – PNG Yonif Mekanis 512/QY terus melaksanakan tugas tugasnya dalam rangka menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif diwilayah perbatasan.

Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY, Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos menyampaikan, bahwa penemuan tanaman ganja kali sama persis dengan penemuan sebelumnya (30 Oktober 2017) lalu yaitu murni dari pelaksanaan kegiatan patroli keamanan wilayah Pos Kalimo yang dipimpin oleh Letda Inf Eko Widiyanto Kompi A Satgas Yonif Mekanis 512/QY.

Penemuan ladang/kebun ganja kali ini adalah yang keempat kalinya bagi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY dan ketiga kalinya oleh Pos 3-A/Yonif Mekanis 512-Kalimo selama melaksanakan tugas pengamanan perbatasan mulai bulan Mei 2017 diwilayah Kab. Keerom dan Kab. Pegunungan Bintang.

Baca Juga :  Hari Pertama Kerja, Bupati Tolikara Tinjau Pembangunan di Bokondini

 Sementara itu, Letda Inf Eko Widiyanto selaku Danpos 3-A/Yonif Mekanis 512-Kalimo, yang juga bertindak sebagai dantim patroli memimpin pelaksanaan patroli keamanan menyampaikan bahwa penemuan tanaman ganja kali ini sama persis dengan penemuan sebelumnya yaitu secara tidak sengaja.

Ladang Ganja di Keerom. (istimewa)

“Tanaman tersebut berada di tengah hutan wilayah distrik Waris kedudukan/titik tersebut termasuk dalam koordinat rute patroli keamanan yang dilaksanakan oleh tim patroli,” katanya.

Karena penemuan kali ini cukup banyak, maka setelah melaksanakan penyisiran dan pencabutan pohon-pohon ganja setinggi 2 s/d 2,5 M tersebut selanjutnya tim Patroli melaksanakan pengunduran kembali ke pos tidak melanjutkan patroli ke cek point berikutnya.

Selanjutnya barang bukti 27 batang tanaman ganja setinggi 2 s.d 2,5 tersebut diserahkan kepada Tim Intel Kolakopsrem 172/PWY untuk dimusnahkan.

Terkait dengan penemuan ladang ganja yang ke empat kalinya di wilayah Distrik Waris ini, Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos. memberikan intruksi kepada seluruh pos jajaran Satgas Yonif Mekanis 512/QY khususnya pos-pos yang berada diwilayah tersebut untuk terus meningkatkan intensitas kegiatan patroli keamanan serta aktif mencari dan menggali informasi terkait dengan keberadaan ladang ganja lain yang sangat mungkin masih terdapat di sekitar perbatasan RI-PNG. (*)