WWF Sikapi Dampak Negatif Pembangunan Jalan Trans Papua

405
Direktur Program Papua Yayasan WWF Indonesia Benja V. Mambai. (Erwin)
Direktur Program Papua Yayasan WWF Indonesia Benja V. Mambai. (Erwin)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Lembaga World Wide Fund for Nature (WWF) menyambut positif proyek infrastruktur Jalan Trans Papua yang dinilai memberikan dampak positif bagi masyarakat di bumi cenderawasih.

Hanya saja, pada setiap pembukaan jalan yang melewati hutan lindung, ditengarai ada dampak negatif yang berpotensi muncul hingga dapat merusak ekosistem maupun habitat suatu komunitas organik, baik tumbuhan maupun hewan.

“Sudah tentu (setiap pembangunan di area hutan lindung) punya dampak. Tidak akan pernah pembangunan yang dilakukan tidak memiliki dampak. Contohnya ketika jalan dibuka, pasti yang pertama secara geografis (ekosistemnya) akan berubah.

“Apalagi kalau di sebelah kiri dan kanan jalan pasti, pohon-pohonnya di tebang. Sehingga akan ada dampak negatif, meski tujuannya sangat positif untuk membuka isolasi wilayah,” terang Direktur Program Papua Yayasan WWF Indonesia,  Benja V. Mambai, kepada pers di Jayapura, Kamis (9/11/2017).

Meski begitu, Benja mengatakan hal terpenting saat ini adalah bukan mempermasalahkan proyek pembangunan Jalan Trans Papua itu. Namun yang utama saat ini adalah bagaimana semua pihak terkait berupaya meminimalisir dampak dari pembukaan jalan di kawasan hutan lindung.

“Hanya untuk dapat mewujudkannya, diperlukan komitmen dari semua pihak dalam upaya meminimalisir dampak itu. Sehingga diharapkan dari upaya ini, bisa menekan dampak negatif dari pembukaan jalan di kawasan hutan lindung,” tutur dia.

Kota Wamena ,Kabupaten Jayawijaya, dilihat dari ketinggian. Menjadi tujuan dari Jalan Trans Jayapura – Wamena. (Eveerth Joumilena / Koran Harian Pagi Papua)

Meski dinilai berdampak negatif, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua mencatat efek dari pembangunan Jalan Trans Papua, akan mampu merangsang perekonomian Indonesia.

Kepala BPS Provinsi Papua Simon Sapari mengatakan pembukaan jalan itu mampu membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kalau Jalan Trans Papua terbuka masyarakat tak kesulitan memasarkan hasil kebunya. Untuk itu, pembangunan jalan Trans Papua kita yakini akan mampu membantu perkembangan ekonomi masyarakat,” serunya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)