Jelang PON XX 2020, Pemprov Papua Mantapkan 666 Atlet

0
116
Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, DR. Yusuf Yambe Yabdi ST. MT ., saat memberikan keterangan pers. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)
Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, DR. Yusuf Yambe Yabdi ST. MT ., saat memberikan keterangan pers. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Kepala Dinas Olahraga Dan Pemuda Provinsi Papua DR. Yusuf Yambe Yabdi mengaku, dalam rangka menyiapkan atlet menghadapi  Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX Tahun 2020 di Papua.

Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, menyampaikan data-data Atlet PPLP/PPLPD untuk mengikuti Tes yang di lakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Provinsi Papua.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua DR. Yusuf Yambe Yabdi ST. MT mengatakan, untuk atlet yang akan turun pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX Tahun 2020 di Papua semua berjumlah 666 (enam ratus enam puluh enam) atlet.

“Kita sudah lakukan langkah awal untuk atlet PON 2020, ini untuk kita menunjang Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, dengan kita memberikan kontribusi bagi atlet PPLP, PPLPD, POMNAS dan POPNAS, untuk bisa turun nanti di PON 2020 ,” Kata Yusuf Yambe Yabdi, di Jayapura, Kamis (09/11/2017) kemarin.

Dengan hasil dari Pekana Olahraga Nasional Pelajar Nasional (POPNAS),  dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POPMNAS) di Semarang. Data-data ini kita sudah siapkan, nanti kit akan serahkan ke KONI Papua, dan itu sekitar 666 atlet, termsuk dengan PON XIX Jawa Barat.

Ilustrasi Sejumlah Atlet Papua perahi prestasi emas di PON XIX 2016 lalu di Jawa Barat . (Eveerth Joumilena / Koran Harian Pagi Papua)

“Tinggal nanti KONI mereka yang mengadaka tes umum, setelah itu mereka akan melaporkan kembali,” katanya.

Diharapkan, bisa melaporkan kembali ke Dinas, karena kita harus himpun sesuai dengan Masterplan prestasi hasik tes KONI sendiri dengan hasil pendataan yang kita lakukan.

“Nanti kan tim KONI akan turun ke daerah-daerah, nama-nama sudah lengkap semua. Untuk Kejurnas Atletik PPLP sendiri kan mereka sudah turun di POPNAS, hasil POPNAS semua data lengkap, dengan atlet yang sama,” jelasnya.

Suasana Atlet Papua sedang latihan. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)

Di tambahkannya, data ini ada hasil POPNAS, POMNAS, Kejurnas PPLP sama dengan mereka yang di targetkan.

 

“Atlet PPLP yang di targetkan di PON, terus mereka-mereka yang mendapatkan medali di PON semua data ada di sini. Jadi total semua atlet itu 666 atlet untuk Papua yang kita persiapkan untuk PON. Tapi itu nanti akan di evaluasi oleh KONI, kita Dinas tidak bisa evaluasi nantin KONI yang akan evalusi,” ucapnya.

Yang sementara KONI lakukan adalah tahap awal evaluasi secara fisik umum, tapi nanti setelah mereka kasih laporan dengan hasil tes mereka. Tes ini mereka laporkan, kita harapkan KONI ada tes khusus, tetapi tu yang mengadakaan harus dari masing – masing cabang olahraga.

“Karena para meter setiap cabang olahraga beda-beda, kalau yang di lakukan ini hanya tes umum aerobic saja. Tapi hasil tes KONI yang mereka lakukan umum, tes pendataan yang kita dinas lakukan dan mereka laporkan balik, baru tes langsung spesialis cabang olahraga,” tandasnya. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)