Warga Koya Barat Jayapura Apresiasi Sosialiasi KB

0
2
Ilustrasi Pelayanan Kesehatan kepada Ibu - Ibu Papua. (istimewa/BKKBN Papua)
Ilustrasi Pelayanan Kesehatan kepada Ibu – Ibu Papua. (istimewa/BKKBN Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Warga Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura apresiasi sosialisasi program KB oleh BKKBN pusat dan Provinsi Papua yang dikemas dalam acara Komunikasi, Informasi dan Edkuasi (KIE) Kreatif.

 

“Iya, tentunya warga kami sangat antusias ikuti sosialisasi KB oleh BKKBN dan anggota DPR RI Roberth Rouw pada Rabu pekan kemarin di Koya Permata Hijau Resor,” kata Kepala Kelurahan Koya Barat, Reuter Sabarofek, di Kota Jayapura, Senin kemarin.

 

Menurut dia, acara yang dikemas dengan gaya ceria itu membuat sekitar 200-an ibu-ibu Koya Barat yang hadir pada saat itu begitu antusias ikuti dari awal hinga akhir.

 

Apalagi, kata dia, acara tersebut diselingi dengan tari-tarian dan door pize sehingga memberikan warna tersendiri pada acara yang digelar sejak siang hingga sore.

 

“Pembicaranya dari wakil BKKBN Provinsi Papua dan Ibu Aisyah dari Pemberdayaan Kota Jayapura. Mereka sosialisasikan soal KB dan berbagai penyakit reproduksi dan bagaimana cara mendeteksinya,” katanya.

 

Alumni STPDN itu berharap agar sosialisasi KB menjadi agenda rutin tiap tahun di kelurahannya sehingga banyak masyarakat terutama kaum perempuan bisa memahami dan mengerti soal itu.

“Harapannya sosialisasi ini bisa digelar tiap tahun, karena banyak ibu-ibu yang senang ikuti sosialisasi tersebut. Gaya penyampaiannya benar-benar kreatif,” kata Rueter.

 

Ibu Iin, warga Koya Barat yang ditemui mengaku senang dengan sosialisasi KB yang tidak monoton.

 

“Selama ini kan sosialisasi KB hanya kami dapat saat ke Pustu atau Puksesmas, atau ada petugas kesehatan yang berkunjung ke rumah. Tapi Rabu pekan kemarin, sosialisasinya digelar di tempat wisata, jadi segar deh info yang masuk ke kami,” kata Iin.

 

Sementara itu, Amna Abdulah, koordinator KIE Kreatif KB mengatakan kegiatan tersebut berlangsung selama beberapa waktu di Kabupaten dan Kota Jayapura dengan harapan tujuan dari KB bisa sampai ketengah masyarakat.

 

“Kegiatan ini sengaja digelar agar masyarakat tahu, khususnya ibu-ibu bisa memahami soal KB berkualitas. Sosialisasi ini sudah kami gelar sejak pekan kemarin di beberapa kelurahan dan kampung, seperti di Kampung Puay, Kabupaten Jayapura dan Kelurahan Awiyo, Asano, Ardipura, Abepantai dan Waena, Kota Jayapura,” katanya. (Vian)