BKKBN Sosialisasi KB Berkualitas di Kampung Puay

0
5

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Komunikasi, Informasi dan edukasi (KIE) kreatif, fungsinya untuk mengkampanyekan program tahunan BKKBN guna menciptakan keluarga berkualitas di Kampung Puay, pada Jumat pekan lalu.

Koordinator  KIE Kreatif KB, Amna Abdulah mengatakan, bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama beberapa waktu di Kabupaten dan Kota Jayapura dengan harapan tujuan dari KB bisa sampai ketengah masyarakat.

“Kegiatan ini sengaja digelar agar masyarakat tahu, khususnya ibu-ibu bisa memahami soal KB berkualitas. Sosialisasi ini sudah kami gelar sejak pekan kemarin di beberapa kelurahan dan kampung, seperti di Kampung Puay, Kabupaten Jayapura dan Kelurahan Awiyo, Asano, Ardipura, Abepantai dan Waena, Kota Jayapura,” katanya.

Disebutkan Sentot, Program BKKBN memiliki tiga pilar yaitu pilar pertama kependudukan berbicara masalah kependudukan, parameter kependudukan, dan dampak kependudukan. Pilar kedua program KB terdiri dari pendewasaan usia perkawinan, pengaturan jarak kelahiran, serta kesehatan reproduksi. Sedangkan pilar yang ketiga pembangunan keluarga.

 

Sebagaimana diketahui, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) menggelar KIE Kreatif  bekerjasama dengan salah satu mitra BkkbN dalam hal ini Komisi IX DPR RI, dan difasilitasi oleh BkkbN Perwakilan Provinsi Papua serta didukung oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk&KB) Kabupaten Jayapura. Hadir dalam acara tersebut, warga yang berdomisili di Kelurahan Dobonsolo dan Kampung Puay, perwakilan BkkbN Provinsi Papua.

Kepala BkkbN Perwakilan Provinsi Papua, Charles Brabar melalui Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi pada BkkbN Perwakilan Provinsi Papua, Agus Fauzi mengatakan, Kie Kreatif tersebut bertujuan untuk memberikan wadah informasi dan edukasi positif terhadap masyarakat agar lebih memahami program BkkbN.

Pimpinan BKKBN Papua, dalam sebuah kegiatan. (Humas BKKBN Papua)

Program Kie (komunikasi, informasi dan edukasi) Kreatif itu adalah sebagai langkah upaya untuk mengedukasi masyarakat dan melibatkan pemerintah daerah dalam mengubah pemahaman masyarakat bahwa akan pentingnya program KB. Selain itu juga, untuk memancing masyarakat bisa menimbulkan suatu bentuk-bentuk Kie yang berkearifan lokal, kata Agus kepada wartawan usai pelaksanaan sosialisasi Kie Kreatif, Kamis (2/11/17) pecan kemarin.

Dirinya menambahkan, keberhasil program KB di lapangan banyak di tentukan oleh keikutsertaan dan partisipasi berbagai sektor.

Apalagi selama inikan seolah-olah Kie itu datang dari pusat, dan kemudian dicerna oleh masyarakat itu yang sangat sulit. Tapi, ketika Kie itu diambil dari bawa (kearifan lokal) masyarakat mungkin dapat memahami dan juga mudah mengertinya. Jadi, termasuk pemerintah setempat, pihak swasta, lembaga kemasyarakatan, organisasi serta tokoh masyarakat dalam mensukseskan program ini, ujar Agus menambahkan.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk&KB) Kabupaten Jayapura, Arry R. Deda, ST, melalui Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana dan Pengendalian Penduduk pada Disdalduk&KB, Yuliana Tunya berharap program Kie Kreatif BkkbN bisa berjalan terus dan pemahaman positif masyarakat tentang KB bisa menularkan terhadap masyarakat lainnya.

Suasana Penutupan kegiatan tersebut. (Fransisca /LintasPapua.com)

Kegiatan ini merupakan kerjasama BkkbN pusat dengan mitranya dari Komisis IX DPR RI. Jadi, mereka datang ke Papua dan bermitra dengan BkkbN Provinsi Papua. Karena kegiatannya ada di Kabupaten Jayapura, maka kami dari Disdalduk&KB harus ikut terlibat dalam kegiatan tersebut,” katanya.

Dalam sosialisasi itu, BkkbN Perwakilan Provinsi Papua juga membuka sesi tanya jawab dan diakhiri dengan pembagian hadiah doorprize kepada warga yang hadir. Sekedar diketahui, sosialisasi Kie Kreatif ini dilanjutkan lagi ke Kampung Asei Besar, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Sedangkan untuk kegiatan  Jumat pecan lalu dipusatkan di  Kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. (*)