Wali Kota BTM Arahkan OPD Tambah Jam Pelayanan Hingga  Sabtu

0
31
Pelayanan kependudukan di Dispendukcapil di Kantor Walikota Jayapura di Entrop. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM, saat diwawancara. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Sebagai abdi negara yang diembankan untuk melayani kebutuhan rakyat, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM mengarahkan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura untuk melakukan penambahan jam kerja pada hari sabtu, hal ini diberlakukan  hingga akhir Desember 2017.

 

Adapaun tiga OPD adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Badan Perijinan Terpadu Satu Pintu (BPTSP), dan Badan Perencanaan dan Pendapatan Daerah (Bappenda).

 

“Menjelang akhir tahun anggaran 2017, masih ada program dan kegiatan yang harus dituntaskan, yang telah kita programkan lewat APBD Induk maupun anggaran perubahan. Dan juga program-program strategis yang harus diselesaikan. Untuk itu, saya mengarahkan dinas dan badan yang melakukan pelayanan publik kepada masyarakat, seperti Dispendukcapil, BPTSP, dan Bapenda, untuk tiga bulan terakhir ini terhitung dari Oktober hingga Desember, itu membuka pelayanan kerja dan menambah jam kerja,”  ujar Tomi Mano, kepada beberapa wartawan di ruang kerjanya di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (1/11/2017) usai memimpin rapat pimpinan kemarin.

 

Wali Kota Benhur Tomi Mano berharap,  dengan ditambahnya jam kerja tersebut, semua kebutuhan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, perijinan serta retribusi dapat dilayani dan diurusi dengan baik sebelum memasuki tahun 2018.

Workshop Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan tema Melayani Bukan Dilayani, di Aula Walikota, belum lama ini. Bukti komitmen Wali Kota, DR. Benhur Tomi Mano, MM., dalam melayani masyarakat. (Eveerth Joumilena / LintasPapua.com)

Mano memberi contoh seperti kepengurusan akte kelahiran, surat nikah, kartu keluarga, dan dokumen administrasi kependudukan lainnya dapat terlayani. Begitu juga Mano meminta untuk setiap distrik yang ada di Kota Jayapura untuk membuka pelayanan pada hari sabtu dalam tiga bulan kerja ini.

 

“Saya juga menyampaikan kepada BPTS untuk membuka pelayanan pada sabtu, untuk mengatasi kemungkinan ada pihak ketiga yang akan mengurusi izin-izin. Begitu juga kepada Bapenda, dalam mengurus pajak bumi dan bangunan, pajak daerah dan retribusi daerah,” jelas Mano. (Elsye Sanyi  /Koran Harian Pagi Papua)