Penutupan Diklat Pim III dan IV , ASN Diminta Tingkatkan Disiplin dan Etos Kerja

0
5
Suasana ASN yang mengikuti Diklat penutupan Diklat Pim III dan IV di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (30/10/2017). (Irfan /Koran Harian Pagi Papua)
Suasana penutupan Diklat Pim III dan IV di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (30/10/2017) (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Diklat PIM merupakan wahana bagi aparatur dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta wawasan dalam ilmu kepemerintahan, khususnya di bidang administrasi dan manajamen, sekaligus sebagai prasyarat untuk menduduki jabatan pada eselon tertentu.

 

 

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati Jayapura, Drs. Yerry F. Dien, M.Si, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura, Denny Simbar, SE, saat penutupan Diklat Pim III dan IV di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (30/10/2017) kemarin.

 

Diklat Pim yang berlangsung kurang lebih selama empat bulan ini, juga dihadiri langsung oleh fasilitator penanggung jawab program, dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura.

 

Untuk diketahui Diklat Pim III dan IV di lingkup Pemkab Jayapura itu diikuti sebanyak 85 orang peserta, yang terdiri dari 32 orang tingkat III dan selebihnya tingkat IV yang terdiri dari distrik-distrik dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

Seluruh peserta Pim III semua dinyatakan lulus, sedangkan untuk Pim IV ada beberapa yang dinyatakan tidak lulus. Tim penilai bukan hanya dari Pemerintah Kabupaten Jayapura, tetapi juga ada tim penilai dari Pemerintah Provinsi Papua.

Suasana ASN yang mengikuti Diklat penutupan Diklat Pim III dan IV di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (30/10/2017). (Irfan /Koran Harian Pagi Papua)

Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura, Denny Simbar menegaskan, bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) di semua tingktan hendaknya melaksanakan tugas dengan baik dan benar sebagai bentuk pertanggungjawaban moral terhadap jabatan yang di emban.

“Selama menjalani masa Diklat tentu peserta telah mendapatkan sejumlah pengetahuan baik itu berkaitan dengan etos kerja ASN. Tetapi, juga kedisiplinan diri, kiranya pengetahuan yang telah di dapat ini dapat di terapkan dalam lingkup kerja tiap peserta,” tegasnya.

 

Untuk itu, dirinya atas nama Pemerintah Kabupaten Jayapura juga menyampaikan ucapan terima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi kepada panitia dan semua pihak yang terlibat dalam memberikan dukungan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap penyelenggaraan Diklat Pim III dan IV tersebut.

 

Menurut Denny Simbar, kualitas ASN di Kabupaten Jayapura yang bekerja di sejumlah OPD dan distrik perlu di tingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan. Supaya dalam memberikan pelayanan yang baik bagi warga sebagai bentuk pengabdian bagi masyarakat dan daerah ini.

 

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Diklat Pim III dan IV Lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura, Egber Kopeuw menyebutkan, penilaian dalam Diklat Pim ini ada beberapa jenis yang pertama adalah menilai inovasi, kedua adalah perencanaan proyek perubahan secara keseluruhan, ketiga adalah sikap mental dan keempat adalah perilaku selama mengikuti Diklat.

 

“Dari keselurhan peserta Diklat Pim III dan IV ini, yang tertunda kelulusannya itu ada tiga orang dan tidak lulus itu ada dua orang. Sehingga bagi yang kelulusannya tertunda untuk segera melengkapi kekurangan yang di minta oleh panitia,” bebernya.

 

Selain itu, dia menambahakan, bahwa secara keseluruhan Diklat Pim III dan IV ini telah berlangsung dengan baik serta memberikan hasil yang sangat memuaskan. “Hal ini dapat terlihat dari prestasi-prestasi peserta yang tinggi baik di tingkat III maupun di tingkat IV,” tukasnya. (Irfan  / Koran Harian Pagi Papua)