Sikapi Serius Masalah Korowai, Gubernur Prihatin Masih Ada Kepala Kampung Belum Dilantik

Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH., dalam sebuah wawancara. (Eveerth Joumilena/LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH.,  merasa prihatin masih ada sejumlah kepala kampung di Papua yang belum dilantik, sehingga pelayanan pembangunan maupun perekonomian, tak berjalan sebagaimana mestinya.

Hal itu disampaikan Lukas dalam rilis yang diterima harian ini, Kamis kemarin, di Jayapura. Pernyataan orang nomor satu di Papua ini, mengkritisi belum dilantiknya kepala kampung yang di Distrik Yani Ruma yang mendiami Suku Korowai. Alhasil, hingga saat ini penduduk setempat tak bisa mengakses dana Prospek, dana desa maupun program pemberdayaan lainnya.

Menyikapi hal itu, Lukas menyebut akan segera mengumpulkan 5 Bupati yang berada di sekitar Distrik Yani Ruma untuk membahas keberadaan Suku Korowai, sehingga struktur pemerintahannya pun jelas.

Sebab, keberadaan Suku Korowai wajib dan patut diberdayakan selayaknya masyarakat Papua yang mendiami wilayah di seluruh tanah ini. “Sehingga saya merasa perlu untuk secepatnya aparat kampungnya dilantik, supaya pelayanan pendidikan, kesehatan, pembangunan ekonomi rakyat maupun infrastruktur, bisa dirasakan dengan maksimal oleh masyarakat setempat,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, kelima kepala daerah yang akan dipanggil Gubernur, yakni, Bupati Boven Digoel, Bupati Yahukimo, Bupati Pegunungan Bintang, Bupati Asmat dan Bupati Mappi. Kelima Bupati ini, ditengarai belum maksimal melakukan pemberdayaan kepada masyarakat, Korowai. Hal itu diakibatkan, wilayah Korowai yang berada dekat dengan lima kabupaten.

Dialog warga suku Korowai dengan Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Forkompinda Papua, belum lama ini. (istimewa)

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe juga memberi instruksi untuk membangun rumah layak huni bagi masyarakat suku Korowai.

Pembangunan rumah layak huni tersebut, diharapkan dapat membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya, kesehatan, pendidikan serta taraf hidup yang lebih baik dibanding sebelumnya.

“Saya sudah perintahkan Dinas Perumahan untuk mendata sekaligus merancang untuk bagaimana membangun rumah layak huni bagi masyarakat Korowai”. “Hal ini penting, supaya mereka bisa meningkatkan taraf hidup mereka di masa mendatang,” terang Gubernur Papua Lukas Enembe. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua).

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
  • Sineri Berth

    kau juga baru datang dari mana jadi kaget ada kepala kampung yg belum dilantik….bajalan banyak kapa….hehehe