Menang Atas Sumsel 45 – 0, Tim Rugby Putra Papua Lolos Ke Semifinal

0
62
Manager rugby Papua Fernando Yansen Tinal saat menyalami para pemain setelah berhasil menang dengan penampilan memukau lawan Sumsel di lapangan GOR Kuningan Jakarta, Kamis (26/10/2017 (Husyen Abdillah / Harian Papua)

 

Ketua PRUI Rugby Papua, Fernando Yansen Tinal, saat memberikan semangat kepada tim Rugby Papua saat bertanding. (Humas Rugby Papua)

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  –  Tim Rugby Putra Propinsi Papua memastikan lolos kebabak semifinal Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rugby 7s tahun 2017 setelah mampu mengalahkan tim rugby Sumatera Selatan (Sumsel) dengan skor 45-0 yang digelar di lapangan GOR Soemantri Bodjonegoro, Kuningan Jakarta, Kamis (26/10/2017) pagi.

Sejak babak pertama dimulai anak-anak Papua yang dikomandoi kapten tim, Ronald Demena mampu menguasai jalannya pertandingan sejak menit awal. Baru berjalan kurang dari satu menit tim rugby Papua mampu meraih poin lima dari try pertama oleh Jimmy Yanengga yang mampu dengan kecepatan mengelabui beberapa pemain bertahan Sumsel dan berhasil try sehingga menciptakan poin sehingga skor 5-0. Tambahan dari tendangan langsung juga berhasil dilakukan Laurensius dan skor pun bertambah menjadi 7-0.

Kemudianselang satu menit kemudian try kedua kembali dihasilkan ana-anak Papua melalui Fredy Yoku lalu Marinus Beanal mampu menambah 2 poin sehingga skor menjadi 14-0.Tidak puas sampai disitu, anak-anak Papua kembali mempertunjukan skill dan kemampuanya dengan kembali try atau poin ketiga melalui Marinus Beanal lima poin namun gagal menambah tendangan converse (tendangan langsung sehingga skor menjadi 19-0.

Karena target dengan kemenangan anak-anak Papua terus melakukan gempuran dari segala lini dan tepatnya menit ke 6, Marinus Beanal pemain asal Banti ini kembali mampu menambah poin lima melalui try dan tendangan langsung gagal sehingga berubah skor ,menjadi 21-0.Sebelum turun minum tepatnya di menit ke tujuh, Jhon Wally mampu menambah lima poin dari try satu kali sehingga babak pertama berakhir dengan skor 26-0.

Dibabak kedua, anak-anak Papua kembali bangkit dengan tetap melakukan pergerakan cepat dan mampu menambah poin.Serangand emi serangan akhirnya menghasilkan beberapa kali pinalti dan scrumm didaerah pertahanan Sumsel. Dimenit ke 7 melalui Robby Sanadi mampu melakukan tru yang mampu menguasai bola dari lawan dan dengan kecepatannya mampu melakukan try atau menambah poin lima sehingga skor menjadi 31-0 untuk keunggulan sementara tim Papua.

Try kedelapan kembali tercipta di menit ke 8 kembali melalui Marinus Beanal yang merupakan mantan pemain timnas Rugby Indonesia yang juga anak asli Amungme ini namun gagal menambah poin dari bonus tendangan bebas sehingga skor menajdi 36-0. Fredy Yoku yang tampil memukai sejak babak pertama kembali menghasilkan try kesembilan menambah lima poin dan tambahan dua poin berhasil pula dilakukan oleh Laurensius dan skor pun menjadi 38-0.

Tim Rugby Papua saat latihan. (Humas Rugby Papua)

Melengkapi kemenangan tim rugby putra Papua sebelum babak kedua berakhir, pemain pengganti Norbertus Okpit mampu meciptakan try sekaligus menambah lima poin dan tendangan bebas yang dilakukan Laurensius juga mampu menambah dua poin sehingga skor akhir 45.

Kemenangan ini sekaligus menghantarkan dan memastikan Tim Papua lolos kebabak semifinal namun belum tahu siapa yang dihadapi karena dari pool pertandingan masih berlangsung.

Tim Putra Papua dari lima kali bertanding menang empat kali dan kalah satu kali. Dengan demikian maka Tim Putra Papua menjadi runner up pool A dan akan menunggu juara dari Pool A untuk partai semifinal yang akan digelar sore ini.Dalam empat laga sebelumnya, Putra Papua menang atas Yogyakarta dengan skor 26-5, lawan Lampung menang dengan skor 42-0, lawan Jateng menang dengan skor 57-0 dan kalah dari tim DKI Jakarta dengan skor 7-19. (Tim Humas Rugby Papua)