Pemkot  Jayapura Siap Bantu Dokumen Warga Weref  Yang Terbakar

0
7
Wawali tinjau lokasi kebakaran di Weref. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)
Wawali tinjau lokasi kebakaran di Weref. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Berdasarkan informasi yang diterimanya, Wakil Wali Kota Jayapura langsung melakukan peninjauan di lokasi kebakaran yang terjadi pada pukul 04.00 WIT dini hari, Selasa (24/10) kemarin, yang menghanguskan ratusan rumah warga RT 04 dan RT 05 termasuk rumah dinas Denjasa Bekangdam XVII/Cenderawasih di Weref Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan.

 

“Kami atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura turut prihatin atas musibah yang menimpah saudara-saudara kita di kompleks Weref. Oleh sebab itu, Pemkot Jayapura langsung mengambil tindakan dengan mengerahkan segala personil yang kita miliki termasuk dari pemadam kebakaran, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, TNI/Polri yang telah turun di lapangan ikut membantu menangani bencana ini,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura,  Rustan Saru,  usai meninjau dan mengunjungi korban kebakaran di Weref, Selasa (24/10/2017) kemarin.

 

Ditambahkan,  termasuk juga dari pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang telah siap membantu dalam menerbitkan kembali ijazah, ktp – el, kartu keluarga, surat nikah bahkan dokumen penting lainnya yang hangus terbakar.

 

Kejadian yang tak terduga itu, berhasil ditangani oleh semua pihak yang membantu memadamkan api, diantaranya pemadam kebakaran, TNI/Polri, Kepala Distrik Jayapura Selatan, Kepala Kelurahan Argapura dan warga setempat yang bekerja hampir kurang lebih dua jam.

Wakil Wali Kota saat berdiskusi dengan warga korban kebakaran di Weref. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)

Rustan mengatakan pihaknya bekerja sama dengan TNI/Polri telah menyiapkan tiga buah tenda penampungan yang digunakan untuk menampung warga yang terkena musibah.

 

Selain itu juga, Rustan mengakui Pemkot Jayapura akan memberikan pelayanan bantuan yang telah disiapkan pihaknya secara cuma-cuma atau gratis, diantaranya pelayanan makanan siap saji dan pelayanan pengobatan bagi korban musibah kebakaran selama seminggu melalui Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, pengadaan seragam sekolah bagi pelajar.

 

“Dan penerbitan ijazah oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta pelayanan dokumen kependudukan seperti KTP el, akte kelahiran, surat nikah, kartu keluarga dan dokumen kependudukan lainnya secara gratis oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dan juga pelayanan dokumen lainnya yang berkaitan dengan dinas tekait,”ungkapnya.

“Bantuan yang pemerintah berikan ialah secara gratis, yang lebih penting lagi anak-anak kita tidak boleh putus sekolah. Untuk itu, semua jumlah pelajar mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan SMK harus di data dengan baik, sehingga Pemkot Jayapura dapat segera memberikan seragam sekolah bagi siswa-siswa yang tertimpa musibah ini,” pungkasnya.

Wakil Wali Kota Rustan Saru, saat menyalami warga korban kebakaran. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)

Dengan adanya kejadian ini, Pemkot Jayapura mengharapkan agar semua warga Kota Jayapura untuk berbesar hati, dan menjadikan hal ini sebagai pelajaran untuk tetap berhati-hati dan waspada.

 

Selain itu, ia juga mengimbau, agar masyarakat tetap menjaga kebersamaan dan hubungan baik, bersatu, toleransi dan jangan saling menyalahkan. Persoalan ini telah ditangani oleh pihak berwajib untuk mengungkapkan penyebab dari kebakaran tersebut, sehingga warga tidak saling menyalahkan.

 

“Dari jumlah korban jiwa atau pun kerusakan yang kami terima, saya kira jumlahlah masih akan berkembang, untuk itu kami mengimbau agar keluarga atau warga yang terkena musibah dapat melaporkannya ke petugas kita di RT/RW untuk menangani pelayanan dan penyerahan bantuan kepada warga,” imbuhnya.  (Elsye Sanyi  / Koran Harian Pagi Papua)