Pengusaha GEL Akan Dilibatkan Bangun Jalan Penyangga Venue PON

0
11
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua
Djuli Mambaya

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua dalam program kerja 2018 mendatang, bakal melibatkan pengusaha Golongan Ekonomi Lemah (GEL) dalam membangun jalan penyangga masuk lokasi venue Pekan Olahraga Nasional (PON).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Papua, Djuli Mambaya menegaskan hal itu kepada pers, di Jayapura, Senin (23/10) kemarin.

“Terkait dengan jalan penyangga ke venue, kita akan arahkan pengusaha GEL. Ini juga sebagai bentuk pemberdayaan kepada mereka,”terang dia.

Dikatakan, saat ini instansinya pun sudah mulai melakukan Detailed Engineering Design (DED) atau perencanaan teknis terinci air bersih di Stadion Utama Papua Bangkit, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura. Dengan dibuatnya perencanaan teknis air bersih itu, pelaksanaan PON di Papua pada 2020 mendatang bakal lebih maksimal.

Sementara itu, instansinya juga telah mulai membangun jalan masuk ke sejumlah venue, seperti di Padepokan Voli skyline, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

“Nanti bukan saja di Kota dan Kabupaten Jayapura, kita juga akan membangun di wilayah peyelenggaran PON di Kabupaten Mimika, Merauke, Biak dan Jayawijaya pada tahun depan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, ia berharap semua pihak dapat mendukung pelaksanaan pembangunan fasilitas PON XX Tahun 2020. Sebab iven empat tahunan kali ini, merupakan sebuah torehan sejarah bagi Provinsi Papua. “Sehingga kita harus mendukung dan memanfaatkan momentum ini sebaik mungkin,” ajaknya.

Sekda Papua Hery Dosinaen, dalam satu kesempatan pun menyampaikan hal senada. Ia meminta seluruh masyarakat Bumi Cenderawasih untuk mendukung pelaksanaan PON dalam segala hal. Ia pun menginstruksikan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah provinsi Papua, untuk mendukung pelaksanaan PON 2020 nanti. (win/Koran Harian Pagi Papua).