MK Tolak Gugatan Pemohon, Mathius Awoitauw Siap Lanjut Periode Kedua

0
75
Mathius Awoitauw, S.E, M.Si dan Giri Wijayantoro, kini resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Jayapura masa jabatan 2017-2022. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat diwawancara. (Irfan)

JAKARTA (LINTAS PAPUA)- Pasangan calon (Paslon) petahana nomor urut dua Mathius Awoitauw dan Giri Wijayantoro (MARIO) dinyatakan secara sah sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayapura Tahun 2017.

Pernyataan kemenangan ini diperoleh setelah melalui sidang pembacaan putusan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) RI di Jakarta, tepatnya di Ruang Sidang MK, Senin (23/10/17) kemarin sore.

Dalam putusan sidang tersebut, MK menyatakan pemungutan suara pada tanggal 15 Februari 2017 dan juga hasil Pemugutan Suara Ulang (PSU) pada tanggal 23 Agustus 2017, telah sah dan dapat diterima.

Sehingga dengan selisih suara yang sangat jauh yakni sekitar 63 persen, maka gugatan dari ketiga pasangan calon (Paslon), yakni Paslon nomor urut 1 Yanni-Zadrak, Paslon nomor urut 3 Godlief Ohee-Frans Gina dan Paslon nomor urut 5 Jansen Monim-Abdul Rahman Sulaiman itu ditolak atau tidak memenuhi syarat.

Bupati Mathius Awoitauw bersama istrinya, Magdalena Luturmas Awoitauw, usai melakukan pencoblosan. (Irfan)

Dengan demikian, kemenangan pasangan nomor urut 2 MARIO telah sah dan hasilnya dikuatkan oleh putusan MK RI.

“Tentunya hasil ini, sangat kami nanti-nantikan. Karena bagi kami Pilkada Kabupaten Jayapura sangat lama dan memakan banyak waktu serta tenaga. Oleh karena itu, kami bahagia serta ucapkan banyak terima kasih atas support dan dukungan semua pihak, terlebih masyarakat dan juga pendukung pasangan calon Mario, yang terus bersama kami selama ini,” ujar Mathius Awoitauw usai mengikuti proses Sidang MK RI di Jakarta, Senin (23/10/2017j

Mahkamah Konstitusi,
dinilai akan bijaksana dalam memutuskan perkara Pemilukada Kabupaten Jayapura (flickr.com)

Dikatakannya, banyak pembangunan dan juga kepentingan masyarakat Kabupaten Jayapura yang terpinggirkan karena persoalan Pilkada ini.

“Sehingga dengan perjuangan panjang dan doa, akhirnya Tuhan juga menjawab semua kebenaran ini melalui sidang MK. Bagi saya, ini adalah kemenangan yang luar biasa dan patut kami syukuri,” aku Mathius Awoitauw ketika mengirim rilis kepada wartawan harian ini via pesan elektronik, Senin (23/10) kemarin malam.

Ia berharap, semua pihak dapat menerima hasil keputusan MK dan bersama-sama dalam membangun Kabupaten Jayapura untuk lima tahun ke depan.

“Selama ini kita sudah banyak menghabiskan waktu untuk Pilkada, mengesampingkan kepentingan rakyat dan juga pembangunan. Nah, sekarang kita harus fokus untuk melanjutkan pembangunan dan juga memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Karena saat ini mereka membutuhkan pemimpin, maka itu marilah kita bersama-sama membangun Kabupaten Jayapura menuju Jayapura baru yang lebih baik,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)