Siohh Taman Mesran Rusak Ditabrak Kapal, Pelindo Turun Tangan

0
96
Kota Jayapura (potretanakmelanesia.blogspot.co.id)
Ilustrasi Kota Jayapura (potretanakmelanesia.blogspot.co.id)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – General Manager PT. Pelindo Jayapura, Jusuf Junus mengatakan sebagai Badan Usaha Milik Negara, pihaknya siap mendukung penuh dan membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura terkait dengan perbaikan taluk penahan air yang rusak di Taman Mesran dan juga ia siap mengevakuasikan empat buah kapal yang saat ini masih berlabuh di wilayah Pemkot Jayapura.

Junus menegaskan bahwa kedua hal itu dapat ia lakukan secepatnya, apabila diperintahkan langsung oleh KSOP sebagai regulator yang memberikan perijinan untuk melakukan renovasi taluk dan pengevakuasian keberadaan kapal tersebut.

“Sebagai operator pelabuhan di Kota Jayapura, PT. Pelindo tidak bersentuhan dengan regulasi atau perizinan, kami hanya berkaitan dengan pembiayaan. Jadi kami hanya membantu pemerintah bilamana ada hal-hal yang perlu kita bantu, tentunya dengan surat masuk yang kami terima dari KSOP,” terangnya kepada HPP usai mengikuti rapat yang di gelar oleh Pemkot Jayapura, bertempat di ruang rapat Wakil Wali Kota Jayapura, Jumat (20/10/2017) kemarin.

Disinggung soal kontribusi, Junus mengatakan domain PT. Pelindo tidak sampai ke sana dan pihaknya juga tidak pernah memungut biaya dari kapal-kapal yang berlabuh di sana. Karena menurutnya, tempat itu memang bukan diperuntukkan sebagai tempat penyandaran, tetapi tempat berlabuh. Namun karena faktor alam, dipaparkannya, sehingga kapal tersebut merusak taluk Taman Mesran.

Sementara itu, diakuinya PT. Pelindo siap akan bertanggung jawab untuk membantu perbaikan taluk yang rusak, karena hal tersebut berkaitan dengan fasilitas umum.

“Jika perintah Pak Wali Kota seperti itu, maka kami akan jalankan. Tetapi kami  berada dibawah naungan regulator kepelabuhanan, yaitu KSOP,” cetusnya. (Elsye Sanyi  /Koran Harian Pagi Papua)