Gubernur Papua Resmikan Sekertariat PB PON XX 2020

0
75
Gubernur Papua, Lukas Enembe , saat peresmian gedung tersebut. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)
Gubernur Papua, Lukas Enembe , saat peresmian gedung tersebut. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Gubernur Papua,  Lukas Enembe S.IP, MH., akhirnya resmi meresmikan Kantor Sekertariat Pengurus Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) ke –XX tahun 2020, di Kota Jayapura, Jumat  (20/10/2017).

Dengan diresmikannya kantor sekertariat PB PON 2020 terebut, Gubernur Papua Lukas Enembe meminta kepada semua lapisan masyarakat untuk tidak lagi pesismistis bahwa PON XX tidak akan dilaksanakan di Papua.

“Intinya kami Pemerintah Provinsi Papua sangat menyambut baik dengan keberadaan Sekertariat PB PON. Saya juga mau tegaskan bahwa tidak boleh ada lagi dilaksanakan di Papua. Kita sedang bangun Stadion Papua yang menurut informasi  terbesar kedua di Indonesia  setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta,” ujar Gubernur Lukas Enembe.

Gubernur mengingatkan bahwa setelah peresmian, maka semua aktifitas yang menyangkut PON akan dilaksanakan di kantor tersebut. “Jangan ditempat lain lagi, semua terkait dengan pelaksanaan Pon harus di laksanakan disini,” ucapnya.

Jelas Gubernur Lukas Enembe, pembangunan stadion Papua Bangkit tersebut saat ini sudah menunjukan progres yang terbilang cepat dan ditargetkan akan selesai pada Desember 2018 nanti.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, saat menggunting pita tanda peresmian kantor sekertariat PB PON 2020. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)

“Untuk pos anggaran kita telah anggarkan dalam APBD tahun ini yaitu untuk PON dan juga Pilgub 2018. Jika ada kekurangan akan ditambahkan dalam APBD perubahan,” jelas Gubernur.

Ia juga menambahkan, pembangunan juga akan difokuskan di sejumlah klaster di Kabupaten  Jayawijaya, Merauke dan Biak yang akan melaksanakan pertandingan. Selain itu PON di Papua merupakan sejarah yang besar, baru mendapatkan Instruksi Presiden (Inpres) dalam pembahasan khusus bersama bapak Presiden .

“Tentu ini dalah kesuksesan masyarakat Papua. Sebab harga diri olahraga orang Papua ada disitu. Kita bersyukur negara bisa mempercayakan kita Papua sebagai tuan rumah PON,” terangnya.

Sementara itu Ketua Harian PB PON XX 2020  Dr. Yunus Wonda SH, MH, menyebutkan kantor tersebut merupakan yang pertama kali disipakan. Dan pihaknya tetap optimis bahwa PON akan dilaksanakan. Sebab Papua sudah dipercayakan oleh Negara.

Suasana Peresmian.

 

“Oleh sebab itu , mari bergandengan tangan tinggalkan semua pemikiran yang menjadi kendala, tidak mungkin tapi kita harus yakin pasti bisa,” ujarnya yakin.

“Kalau kita mau tunggu lagi setengah abad, itu akan lebih lama tidak mungkin harus menambah 50 tahun lagi stengah abad lagi baru kita laksanakan PON. Semua harus optimis bahwa Papua bisa melaksanakan PON XX 2020 di Papua,” ajaknya. (Geis Muguri  / Koran Harian Pagi Papua)