Target Lantai Dua Stadion Papua Bangkit Selesai Desember

0
8
Tim Technical Delegate Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Eddy Yanto Sabarudin dan Icuk Sugiarto, Senin (21/8), kemarin. saat meninjau stadion utama Papua Bangkit. (Geis Muguri)
Pengeboran awal untuk penancapan tiang pancang pembangunan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Elia Loupatty., beberapa waktu lalu. (Erwin)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Manager Teknik PT PP Doli Abu Zain mengaku progres pembangunan stadion Utama Papua Bangkit di Kampung Harapan, Sentani Jayapura per 1 Oktober 017 sudah mencapai 21 persen.

Stadion yang akan digunakan sebagai tempat pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasioanal (PON) XX Tahun 2020 sudah masuk dalam tahap pengecoran lantai dua stadion.

“Sampai dengan bulan Oktober realisasi progres pembangunan sudah capai 21 persen, dan target kita bulan Desember pengecoran lantai dua sudah selesai,” ujarnya kepada wartawan usai mendampingi Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Yusuf Yamber Yabdi, Sekretaris Dinas Idris Salama dan staf lainnya ketika meninjau stadion Papua Bangkit, Selasa (17/10) kemarin.

Dikatakan, pekerjaan yang dilakukan sekarang 24 jam dengan dukungan 450 orang pekerja, sebelumnya hanya 350 orang, kita tambah 100 pekerja lagi, karena target kita bulan Desember 2017 itu, pekerjaan untuk lantai satu stadion sudah selesai,” kata Doli.

Dia menjelaskan, masuk bulan Januari 2018 sudah masuk dengan pekerjaan struktur lantai dua stadion, dan peralatan paving bloknya sudah dipesan di Bandung, Jawa Tengah.

“Stadion ini kita targetkan selesai bulan Desember 2018, mohon dukungan dan doa dari Pemerintah masyarakat Papua agar pekerjaan ini lancar dan tidak ada kendala, sehingga stadion Papua Bangkit bisa selesai tepat waktu,” harapnya.

Tim Technical Delegate Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Eddy Yanto Sabarudin dan Icuk Sugiarto, Senin (21/8/2017), kemarin. saat meninjau stadion utama Papua Bangkit. (Geis Muguri)

Doli Abu Zain merincikan, pencapaian pembangunan stadion sampai bulan Oktober 2017 lebih cepat 9 persen dari schedule. Dimana, untuk pemasangan lahan 95 persen, borepile 100 persen (lebih cepat 2,5 bulan), pilecap dan Tie Beam 70 persen, Pengecoran kolom 1 35 persen, saluran utama jalan masuk 60 persen dan saluran dalam bangunan 65 persen.

Selain itu, katanya, pembangunan stadion pemanasan juga dalam tahap pekerjaan. Dan direncanakan awal tahun depan sudah selesai. “Stadion Papua Bangkit ini sudah standar Internasional, sehingga harus dilengkapi dengan lapangan pemanasan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Yusud Yambe Yabdi minta kepada pihak PT PP untuk tetap menjaga eksistensi pekerjaanya. Dengan demikian, pekerjaan bisa lebih cepat selesai.

“Selama pembangunan stadion tidak ada kendala, karena masyarakat kampung harapan dan sekitarnya mendukung dan melihat masa depan Papua, Selain itu, Yusuf berharap, dengan adanya stadion ini dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat,” tandasnya.

Yusuf mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua menganggarkan Rp 1.3 triliun untuk pembangunan stadion dan dikerjakan dalam waktu satu tahun setengah. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)