Ribuan Warga Dukung Meki Nawipa  – Oktopianus Gobay Pimpin Paniai 

462
Pasangan Calon Bupati Paniai dan Calon Wakil Bupati Paniai, Meki Nawipa - Oktopianus Gobay, dalam sebuah penyambutan ribuan masyarakat setempat di Paniai. (ISTIMEWA)
Ribuan Masyarakat Paniai saat menyambut kedua pasangan calon tersebut. (istimewa)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Pasangan Meki Nawipa dan Oktopianus Gobay menjadi bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Paniai periode 2018-2023, setelah diterima dan disambut ribuan warga setempat.

 

Sekitar  tiga ribu hingga lima ribu warga yang datang dari ratusan kampung dan 10 distrik di Kabupaten Paniai mendukung Meki Nawipa dan Oktopianus Gobay menjadi bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Paniai periode 2018-2023.

Ketika Meki Nawipa dan Oktopianus Gobay memasuki lapangan Karel Gobay, kira-kira sekitar pukul 10 pagi, nampak terlihat sekelompok pemuda yang menggunakan pakaian berwarna kuning menari-nari menjemput kedua calon pemimpin masa depan Paniai dengan tari Yosim Pancar yang diiringi lagu daerah.

 

Sementara ribuan warga lainnya meneriakkan yel-yel dukungan kepada kedua pasangan calon yang mempunyai latar belakang cukup menarik. Meki Nawipa lebih dikenal sebagai pilot  asal pegunungan tengah Papua pertama yang bisa menerbangkan pesawat hingga ke pedalaman-pedalaman, dan tak sedikit pejabat negara maupun warga yang pernah diterbangkannya.

 

Sedangkan, Oktopianus Gobay, adalah seorang politikus dari partai berlambang bintang sembilan (PKB) Paniai yang sudah merasakan atmosfer menjadi wakil rakyat di daerah itu.

 

“Kami, PKB Paniai secara resmi sampaikan bahwa Meki Nawipa dan Oktopianus Gobay kami sandingkan sebagai bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Paniai periode 2018-2023,” kata Alfred Yogi, sekretaris DPC PKB Paniai dalam sambutannya di hadapan ribuan simpatisan dan pendukung Meki Nawipa dan Oktopianus Gobay.

Pasangan Cabup dan Cawabup Paniai, Meki Nawipa – Oktopianus Gobay, dalam sebuah penyambutan ribuan masyarakat setempat. (istimewa)

Pada momentum itu, Alfred mengemukakan bahwa keputusan memberikan dukungan kepada kedua bakal calon pemimpin Paniai itu sudah mendapat restu dari pengurus pusat, sehingga diharapkan kepada massa pendukung dan simpatisan untuk solid.

 

“Soal keputusan itu merupakan ranahnya DPP PKB, kami di sini akan mendukung penuh dan mengajak agar warga dan massa simpatisan serta pendukung untuk menjaga keamanan dan kedamaian di Paniai,” kata Alfred.

 

 

Dukungan itu terlihat ketika pengurus DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Paniai menggelar deklarasi di lapangan Karel Gobay, Enarotali, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua pada Senin pekan ini.

 

Ribuan warga itu datang dengan menumpang kendaraan roda enam, roda empat, dan roda dua, bahkan ada yang datang dengan menumpangi speed boat dari kampung-kampung yang berada di pesisir Danau Tigi.

 

Diantara mereka ada yang menggunakan pakaian adat, kaum wanita menggunakan salli atau pakaian terbuat dari daun pandan, sementara kaum pria ada yang menggunakan koteka dan ikat kepala, namun tak sedikit dari mereka yang sudah terlihat modern dengan menggunakan pakaian pada umumnya.

Masyarakat Paniai antusias memberikan dukungan atas pasangan calon yang diusung. (istimewa)

Sementara itu, Oktopianus Gobay yang juga Ketua DPC PKB Paniai menyampaikan, terima kasih kepada massa pendukung dan simpatisan yang sudah hadir di lapangan Karel Gobay.

“Hari ini (Senin 16/10), PKB Paniai juga akan mendaftar di KPU. Kami mohon dukungan dan doa restu. Dukung kami sebagai pasangan untuk menjadi pemimpin di negeri ini,” kata Oktopianus.

 

Sedangkan, Meki Nawipa usai kegiatan tersebut mengaku tidak dapat menyembunyikan rasa bangga dan senang, karena masyarakat Paniai yang hadir di Lapangan Karel Gobay diluar ekspektasinya.

 

“Luar biasa, sekitar ribuan warga datang ke Lapangan Karel Gobay untuk memberikan dukungan kepada kami berdua. Saya juga sampaikan terima kasih kepada pengurus dan kader PKB Paniai yang sudah mempercayakan saya menjadi salah satu bakal calon pemimpin masa depan,” katanya.

 

Pada acara yang berlangsung kurang lebih sejam itu, diwarnai aksi `waita` atau lari berkeliling lapangan sebagai tanda suka cita atau dukungan oleh tiga ribuan hingga lima ribuan massa pendukung dan simpatisan yang datang dari 10 distrik yang ada di Paniai.

 

Selain itu, ada tarian yosim pancar yang dibawakan oleh sekelompok pemuda diiringi lagu-lagu daerah.

 

Acara tersebut berjalan lancar dan aman yang diakhiri dengan pembagian makanan oleh pengurus PKB Paniai dan mendapat pengawalan dari aparat keamanan Polres Paniai. (*)