Partai Papua Bersatu Ikut  Serahkan Daftar  Verifikasi Pemilu 2019

0
368
Anggota KPUD Pegubin Divisi Sosialisasi, Metusael Jitmau, SE., dalam sebuah komunikasi, dengan latar belakang aktivitas penyerahan berkas oleh Partai Politik. (Eveerth Joumilena/ Koran Harian Pagi Papua)
Ketua KPUD Pegubin, Kristopus Uropmabin, didampingi Anggota KPUD Divisi Sosialisasi, Metusael Jitmau, SE., dan Sekretaris KPUD Pegubin, Redison Manurung, M.Si.,, saat diwawancara (Eveerth/Koan Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Proses verifikasi yang kini dilakukan oleh KPUD Pegunungan Bintang, juga ikut mendaftar dan menyerahkan berkas adalah Partai Papua Bersatu (PBB) yang merupakan Partai Lokal.

Hal ini dibenarkan oleh Angota Divisi Hukum KPUD Pegunungan Bintang, Maria Yusinta , SH., seklaigus menjelaskan, bahwa soal keabsahan dan lolos tidaknya kita akan serahkan semua kepada KPU Papua.

“Kami akan menerima siapapun daftar dan semua akan kami lakukan proses verifikasi, selanjutnya akan diserahkan nanti kepada KPU Papua,” jelasnya.

Maria menambahkan, bahwa pihaknya menerima setiao peserta yang daftar dan siap verifikasi sesuai dengan petunjuk yang ada.

Dari pantauan verifikasi KPUD Pegunungan Bintang yang langsung dipimpin Ketua KPUD Pegubin, Kristopus Uropmabin, Anggota KPUD Divisi Hukum, Maria Yusinta, SH., Anggota KPUD Divisi Sosialisasi, Metusael Jitmau, SE., dan Sekretaris KPUD Pegubin, Redison Manurung, M.Si., serta hadir pula Panwaslu Kabupaten Pegunungan Bintang, Yance Nawipa.

Sementara itu, Sejarah mencatat Partai lokal bernama Partai Papua Bersatu (PPB) menjadi yang pertama di Papua mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua.

Ketua KPUD Pegubin, Kristopus Uropmabin, Anggota KPUD Divisi Hukum, Maria Yusinta, SH., Anggota KPUD Divisi Sosialisasi, Metusael Jitmau, SE., dan Sekretaris KPUD Pegubin, Redison Manurung, M.Si., (LintasPapua.com)

Partai ini resmi mendaftar untuk ikut pemilu legislatif (pileg) DPRD Kabupaten/Kota, DPRPapua, DPR RI dan DPD 2019 mendatang.

Rombongan partai lokal ini diterima secara langsung oleh Komisioner KPU Papua Divisi Hukum, Tarwinto, dalam pemberitaan Harian Pagi Papua awal bulan  Oktober  2017 kemarin, di Kantor KPU Dok II Jayapura.

Pada kesempatan itu, Komisioner KPU,  Tarwinto menyambut positif pendaftaran tersebut dan siap mendorong pemberkasan hingga ke tingkat yang lebih tinggi.

“Yang pasti KPU berpegang pada UU 7 2017 tentang pemilihan umum bagi parpol nasional dan PKPU terkait tahapan dan verifikasi parpol pileg 2019. Sehingga untuk keikutsertaan partai lokal pun sebenarnya ada landasan hukumnya. Jujur kita belum tahu apakah sudah ada atau belum, namun kita tunggu saja perkembangan kedepan dari pemerintah provinsi,” terang dia.

Sementara Ketua DPP PPB, Kris Fonataba pendaftaran tersebut, merupakan komitmen untuk berbakti dan membangun Papua.

Anggota KPUD Pegubin Divisi Sosialisasi, Metusael Jitmau, SE., dalam sebuah komunikasi, dengan latar belakang aktivitas penyerahan berkas oleh Partai Politik. (Eveerth Joumilena/ Koran Harian Pagi Papua)

Apalagi saat ini partai PBB telah memiliki 29 kantor DPD di 29 kabupaten/kota. Sehinggadalam waktu dekat pihaknya akan menyerahkan SK kepengurusan di 29 DPD tersebut.

”Kita berharap KPU bisa mengakomodir keberadaan partai lokal, karena ini merupakan implementasi dari UU Otsus,” tandasnya.  (Eveerth /Koran Harian Pagi Papua)