Kantor eks Pemda Tolikara Terbakar, Situasi Tetap Kondusif

Category: POLHUKAM 52 0

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Kantor lama milik pemerintahan Kabupaten Tolikara hangus terbakar, pada Jumat (13/10) dini hari. Kebakaran ini sempat membuat masyarakat panik, lantaran takut peristiwa lima tahun lalu kembali terulang.

Apalagi eks kantor Pemda Tolikara ini berhadapan langsung dengan kantor KPUD setempat, sehingga trauma massa lalu, dengan cepat mempengaruhi ingatan masyarakat setempat. Belum lagi, beberapa hari lalu masyarakat Tolikara pro pasangan salah satu pasangan calon yang kalah dalam Pilkada  menduduki kantor Kementrian Dalam Negeri, bahkan jalan Trans Papua di Tolikara sampai saat ini dalam kondisi di palang.

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Mustofa Kamal, mengungkapkan, kejadian itu terjadi saat anggota kepolisian setempat melakukan patroli di seputaran kantor KPU Tolikara.

“Saat itu anggota memastikan kondisi di sana aman dan kondusif. Namun tidak berapa, anggota mendengar ada suara benda terjatuh cukup keras yang berasal dari bangunan bekas kantor Pemda yang berada tepat di depan kantor KPUD,” ungkapnya kronologis kejadian, Jumat siang.

Baca Juga :  Berkas P21 Thomas Ondi Diserahkan ke Kejati Papua

Kemudian pun anggota langsung mendatangi tempat kejadian, lanjut Kamal, lalu mendapati api yang sudah membesar dari dalam bangunan tersebut.

“Anggota pun dengan sigap melakukan pemadaman dan meminta bantuan dari Pos jaga di Polres Tolikara,” jelasnya.

Di pimpin Wakapolres, Kompol Tofan Irdiyanto, sebanyak 20 personil berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

“Adapun bangunan yang terbakar dulunya adalah bekas kantor BKD, Tata Pemerintahan dan Dinas Pengadaan Barang dan Jasa. Namun, saat ini bangunan itu digunakan sebagai kantor sementara Satuan Polisi Pamung Praja,” katanya.


Kamal pun belum bisa menjelaskan, apa penyebab bangunan itu terbakar. Sampai sejauh ini, kepolisian setempat terus melakukan penyelidikan.

“Penyebab kebakaran masih diselidiki. Nanti kita akan lihat, apakah ada unsur kesengajaan di bakar, dengan latar belakang persoalan pilkada atau karena arus pendek, bahkan karena hal lainnya,” pungkasnya.

Kamal memastikan, pasca kebakaran kantor eks Pemda Tolikara, situasi di Kota Karubaga, ibukota Kabupaten Tolikara masih dalam keadaan aman dan kondusif. “Prinsipnya disana itu aman dan kondusif,” lugasnya.

Baca Juga :  Pilgub Papua 2018 : Jalur Perseorangan Sudah Dibuka, KPU Akui Belum Ada Pendaftar

Kabarnya, massa mengamuk karena tidak terima atas dikeluarnya SK Pelantikan Bupati Wakil Bupati Terpilih, Usman Wanimbo–Dinius Wanimbo. Hal yang sama terjadi di Jalan Trans Papua di Tolikara di palang, dengan alasan yang tak berbeda. (jrp /Koran Harian Pagi Papua)

Related Articles