Musrenbang RPJMD Wujudkan Visi Misi Pemerintah Kota Jayapura

Suasana Kegiatan Musrembang. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Jayapura tahun 2018-2022, yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jayapura, bertempat di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (10/10/2017).

 

Benhur Tomi Mano mengatakan, bahwa  forum Musrenbang ini merupakan hal yang strategis dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura antar pemangku kepentingan, yang bertujuan untuk menyatukan visi dan misi, maupun langkah-langkah konkrit untuk mewujudkan arah kebijakan strategis pembangunan sekaligus menyusun program dan kegiatan pembangunan.

“Tentunya  sebagai wujud implementasi visi dan misi Pemkot Jayapura, melalui tugas pokok dan fungsi yang diimbangi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka mendorong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Jayapura. Sehingga pada nantinya dapat diperoleh masukan dan komitmen dari para pengumuman untuk kepentingan pembangunan di Kota Jayapura,” katanya.

 

Wali Kota dua periode ini berharap, kepada seluruh pimpinan OPD agar melaksanakan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan simplifikasi program dan kegiatan yang diusulkan baik dari OPD terknis terkait dan juga masalah-masalah aktual yang merupakan rekomendasi hasil rapat kerja daerah, untuk dijadikan sebagai data dokumen perencanaan untuk memperkaya sekaligus menjadi referensi maupun data dalam proses perencanaan.

Dijelaskannya, terutama masalah pasca bencana alam yang baru terjadi, yang mengorbankan harta benda dan nyawa manusia, tapi juga masalah kemacetan dan masalah pengendalian tata ruang di Kota Jayapura. Dalam rangka mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di Kota Jayapura akhir-akhir ini.

Kota Jayapura. (Eveerth Joumilena/LintasPapua.com)

“Dengan digelarnya Musrenbang RPJMD ini, saya juga berharap dapat diperoleh kesepakatan dalam perencanaan program-program pembangunan yang sifatnya strategis dan bermanfaat terutama yang langsung tersentuh ke masyarakat. Ke semua itu dapat terwujud, dengan dukungan koordinasi lintas sektor bukan hanya pada tahapan perencanaan, namun sampai pada pelaksanaan rencana,” paparnya.

 

Untuk itu, Mano mengajak seluruh para pimpinan OPD dan lembaga swasta, agar terus mendorong dan meningkatkan kinerja yang baik guna meningkatkan kesejahteraan di Kota Jayapura.

 

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Jayapura, Adrian Djitmau menambahkan, bahwa tujuan digelarnya Musrenbang RPJMD ialah untuk mengkaji arah kebijakan dan isu-isu strategis dalam visi dan misi yang diimplementasikan dalam program strategis daerah.

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM., keduanya siap melayani masyarakat dengan visi Terwujudnya Kota Jayapura yang beriman, bersatu, sejahtera, mandiri dan modern berbasis kearifan lokal. (Istimewa)

“Adapun empat mekanisme pembahasan Musrenbang RPJMD dibagi dalam empat bidang, antara lain di bidang sarana dan prasarana, sosial budaya, ekonomi dan umum,” imbuhnya.

 

 

Musrenbang RPJMD Kota Jayapura periode 2017-2022 diikuti sebanyak 250 peserta yang terdiri dari Dirjen Bangda Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Pimpinan OPD, Sekretaris dan Kasubag Perencanaan, Pimpinan Dewan dan segenap anggota Dewan, Pimpinan Perguruan Negeri/Swasta, LSM, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Pimpinan Agama. (Elsye Sanyi /Koran  Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...