Terkait Diskualifikasi Cabup Mathius Awoitauw, Nasdem Adukan Bawaslu RI ke DKPP

Category: POLHUKAM 98 0
Suasana saat Ketua Badan Advokasi Hukum (Bahu) DPP Partai NasDem, Taufik Basari, bersama rombongan melapor ke DKPP. (istimewa)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Kisruh sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Jayapura masih terus berlanjut. Setiap pihak yang merasa dirugikan terus saja melakukan aksi lapor melapor sebagai rasa tidak puas terhadap kebijakan sejumlah lembaga negara.

Sebelumnya KPU RI dilaporkan oleh Pasangan Calon (Paslon) Nomor 3, Godlief Ohee-Frans Gina ke DKPP RI. Maka kini giliran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI terkait sengketa tersebut.
“Kami selaku tim kuasa hukum Paslon Nomor Urut 2, Mathius Awoitauw-Giri Wijayantoro (MARIO) tidak akan membiarkan ketidakadilan ini berlaku bagi kami. Kami juga harap agar DKPP dapat memberikan sanksi tegas Bawaslu, sehingga ada efek jera,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang juga sebagai Ketua Badan Advokasi Hukum (Bahu) DPP Partai NasDem, Taufik Basari ketika menghubungi wartawan harian ini via telepon seluler, Kamis (12/10/2017) hari ini.
Menurut Taufiq Basari, Bawaslu RI dilaporkan oleh pihaknya karena mengeluarkan rekomendasi diskualifikasi terhadap paslon nomor urut 2 MARIO itu tidak berdasarkan bukti-bukti yang valid.
Dia menjelaskan, bahwa pihaknya meminta supaya DKPP dapat mempertimbangkan, sekaligus memberikan sanksi kepada Komisioner Bawaslu RI yang telah mengeluarkan rekomendasi tidak proporsional dan juga terkesan memihak kepada kepentingan tertentu.
Pihaknya menilai bahwa Bawaslu RI selaku lembaga resmi Negara mengeluarkan rekomendasi diskualifikasi kepada Petahana Bupati Jayapua terkesan terburu-buru dan tidak melalui sebuah kajian.
“Seharusnya Bawaslu RI bijak dan melihat peraturan perundang-undangan secara utuh dan menyeluruh, atau tidak setengah-setengah. Artinya, pasal demi pasal dan ayat demi ayat di dalam sebuah Undang-Undang itu hendaknya di simak secara baik dalam mengeluarkan suatu kebijakan,” imbuhnya.
Inilah Kelima calon pemimpin di Kabupaten Jayapura, Siapa yang akan memimpin ?? (Foto Repro Tabloid Suara Perempuan Papua.)
Taufiq menuturkan, Bahu DPP NasDem bersama tim kuasa hukum Paslon Nomor Urut 2 Mario tetap akan mengkawal laporan pihaknya ke DKPP hingga ada putusan inkra yang disertai dengan pemberian sanksi yang setimpal sesuai dengan tindakan.
“Kami terus akan mencari keadilan, dan kami tidak mau dipermainkan oleh kepentingan tertentu hingga menuai ketidakadilan. Maka DKPP sebagai lembaga pemeriksa pelanggaran kode etik Pemilu tentu mempunyai pandangan yang baik, sehingga akan memberikan putusan dan sanksi yang adil bagi Bawaslu RI,” ujarnya mengakhiri perbincangan di balik telepon selulernya. (Irf / Koran Harian Pagi Papua)
Baca Juga :  Pemprov Papua  Harap Kabupaten Selesaikan Masalah Batas Wilayah

Related Articles