SMU Buper Diharapkan Terus Memajukan SDM di Papua

0
31
Sekda Kota Jayapura, R.D Siahaya, saat diwawancara. (istimewa)
Sekda Kota Jayapura, R.D Siahaya, saat diwawancara. (istimewa)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  – Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., diwakili Sekda Kota Jayapura,R. D. Siahaya mengatakan pengelolahan sekolah SMA/SMK diserahkan kepada Provinsi, namun SMU Buper diharapkan terus memajukan Sumber Daya Manusia di Papua.

 

“Pengelolaan sekolah SMA SMK itu harus sudah diserahkan kepada provinsi.namun untuk Papua nanti tahun 2018, barulah semua pengelolaan pendidikan menengah atas itu menjadi tanggungjawab provinsi,”ujar Sekda Kota Jayapura, Sabtu (7/10).

 

Dikatakan,  semua siswa yang ada di sini sesungguhnya adalah hasil seleksi dari kabupaten kabupaten kota yang ada di tanah papua.

 

“Sseperti yang telah diungkapkan oleh kepala sekolah tadi bahwa lulusan-lulusan nya telah menjadi orang yang sangat penting di beberapa tempat tertentu,” akuinya.

 

Dikatakan, dari pada masa lampau,semua proses telah berjalan dengan baik dan sekarang semua civitas akademika telah berada pada masa kini untuk melihat apa yang akan terjadai pada masa lampau.

 

“siswa-siswa yang ada ini mereka lah yg akan melanjutkan  estafet kepemimpinan sekolah ini, karena itu di hari ulang tahun yang ke 24 Tahun ini, mari kita tingkatkan life skill dari semua siswa yang  ada untuk kemajuan bangsa dan negara ini teruma untuk tanah Papua yang kita cintai,” tuturnya.

 

Sementara itu, KepalaSekolah SMU Buper Waena, Anton Joko Martono menuturkan, bahwa sekolah ini berdiri pada tahun1993-1994,di resmikan oleh Gubernur Papua (dahulu Irian Jaya), Yakob Patipi.

“Pada waktu itu dan sekolah ini mulai dari angkatan pertama satu kelas hingga sekarang sudah 17 kelas dengan jumlah siswa 500 siswa,” ungkapnya.

 

Diketahui SMU Buper yang bertemopat di Bumi Perkemahan Waena memiliki unggulan adalah makanan lokal dan kerajinan lokal ini, sudah banyak melahirkan kader-kader dan bahkan sudah berbakti buat negara ini terutama buat tanah Papua. (*)