Kabupaten Jayapura Siap Gelar Pembukaan Gala Kampung 2017

0
13
Suasana Keceriaan anak - anak Kampung Tablasupa, laut adalah lapangan bermain selain mencari ikan dilaut. (Istimewa)
Ilustrasi Kampung Yahim, menjadi tujuan awal untuk naik jonson menuju Kampung Abar dan kampung lainnya sekitar Danau Sentani. (Eveerth Joumillena /Koran Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Kabupaten Jayapura siap menggelar kick off atau pembukaan Gala Kampung yang di inisiasi oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, yang akan di laksanakan di seluruh daerah di Indoensia, termasuk di Kabupaten Jayapura.

“Berdasarkan hasil koordinasi antar para pihak, terutama instansi tekhnis dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dari aspek kesiapan sudah sangat siap untuk menggelar Gala Kampung tersebut,” ujar Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP kepada harian ini, di ruang kerjanya, Jumat (6/10) kemarin.

Dia mengatakan, Gala Kampung (Desa) merupakan sebuah implementasi gerakan ‘Ayo Olahraga’, guna terciptanya pembudayaan olahraga di masyarakat kampung dan juga kelurahan dalam rangka meningkatkan kebugaran dan kesejahteraan jasmani, serta munculnya masyarakat berpotensi dalam bidang olahraga maupun memiliki karakter yang kuat.

Menurut Abdul Rahman, Gala Kampung merupakan bagian penting untuk menjawab tentang Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yakni melalui aktivitas fisik.

Ilustrasi Hutan Sagu Disekitaran Danau Sentani di Kampung Ayapo (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

 

Disamping itu, kata dia, Gala Kampung juga sebagai bentuk implementasi Nawacita Presiden RI memalui pembangunan di mulai dari kampung.

 

“Jadi, melalui Gala Kampung ini dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat di kampung untuk melakukan aktivitas gerak jasmani, agar memiliki tingkat kebugaran dan kesehatan prima. Sehingga dapat berperan serta dalam pembangunan di perdesaan untuk mensejahterakan masyarakat,” imbuhnya.

Suasana Keceriaan anak – anak Kampung Tablasupa, laut adalah lapangan bermain selain mencari ikan dilaut. (Istimewa)

Selain itu, dirinya menyampaikan, sangatlah penting bahwa melalui Gala Kampung dapat meningkatkan sportivitas dan solidaritas masyarakat yang ada di kampung dan kelurahan, sekaligus membangun karakter yang tangguh. Sehingga pada akhirnya dapat memunculkan bibit-bibit olahragawan potensial untuk meningkatkan prestasi olahraga Nasional.

“Untuk itu, kami berharap agar semua komponen mulai pemerintah, swasta, pemuda maupun masyarakat umum yang ada di daerah ini agar dapat memberikan dukungan. Supaya Gala Kampung dapat terlaksana dengan baik dan sukses,” harap Asisten Abdul Rahman Basri diakhir perbincangannya. (Irfan   /Koran Harian Pagi Papua)