Gubernur Papua Akui Pentingnya Data Untuk Keberhasilan Pembangunan

0
6
Suasana Gubernur Papua, Lukas Enembe, saat jumpa pers di Gedung Negara (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)
Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kemasyarakatan dan SDM Ani Rumbiak membuka Rapat Koordinasi Forum Sistem Informasi Pembangunan Daerah KabupatenKota, se-Papua di Jayapura. (Erwin

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Guna mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas dan terintegrasi, penyediaan data maupun informasi yang akurat sangat diperlukan. Hal demikian pula, menjadi indikator (tolak ukur,red) utama dalam proses terwujudnya perencanaan.

“Mengapa? Karena data merupakan salah satu kunci utama keberhasilan pelaksanaan pembangunan. Sehingga menjadi isu strategis yang mesti di jalankan dengan baik,” terang Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutannya tertulis yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ani Rumbiak, pada Rapat Koordinasi Forum Sistem Informasi Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota, se-Papua di Jayapura, Jumat (6/10/2017) kemarin.

Karenanya, ia meminta, dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut, dapat disatukan persepsi antara kabupaten/kota, guna menyesuaikan seluruh elemen data yang ada. Serta menyepakati ketersedian data yang berkualitas, sehingga menjadi penentu keberhasilan pembangunan.

“Sebab, dalam proses perencanaan pembangunan daerah beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adanya kebijakan pemerintah daerah sepenuhnya didukung dengan data dan informasi yang cukup,” kata dia.

Sementara Gubernur pada kesempatan itu, memerintahkan kepala Bappeda Papua dan kabupaten/kota untuk meningkatkan koordinasi, konsolidasi dan penguatan sumber daya dalam rangka mewujudkan ketersediaan data.

Baik melalui unit pelaksana teknis pusat data maupun analisa pembangunan lainnya.

 

“Sebab saya menganggap salah satu indikator untuk mengukur kinerja adalah ketersedian data yang valid. Kemudian terbaruinya sektor masing-masing,” ucap dia.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Provinsi Papua meminta kabupaten dan kota agar dalam mengusulkan data Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), disertaidukungan usulan dana 80 persen dana Otsus kabupaten/kota.

Sekedar diketahui, kegiatan Rapat Koordinasi Forum Sistem Informasi Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota, se-Papua tersebut dihadiri para Kepala Bappeda Kabupate dan Kota. (Erwin  / Koran Harian Pagi Papua)