Pemkot Jayapura Siap Pasang Penerangan Lampu Jalan, Inilah 25 Titik Tersebut

0
5
Tampak Jalan Kotaraja - Abepura, dan beberapa titik lokasi jalan yang malam hari sering mengalami kegelapan akan dipasang lampu jalan. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)
Suasana Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., bersama para pejabat lainnya saat melakukan sidang penerangan lampu jalan. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Pemerintah Kota Jayapura akan memasang penerangan lampu jalan di 25 titik yang tersebar di Kota Port Numbay, tentunya warga kota juga harus ikut menjaga penerangan tersebut.

 

Hal ini terungkap, setelah Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM.,  didampingi Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Jayapura, Andi Djitmau, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kumuh Kota Jayapura, Abner H. Bemey, S.Sos serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jayapura, melakukan sidak Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang tidak berfungsi dan yang dirusakkan oleh Warga di wilayah Distrik Heram pada malam hari, Kamis (4/10/2017).

 

Mano bersama rombongan meninjau LPJU langsung dilapangan di beberapa titik di wilayah Distrik Heram sejak pukul 19.00-22.30 WIT, mulai dari jalur alternatif pertigaan Skyland-RS. Bhayangkara menuju ke daerah Perumnas 3 Waena, kemudian meninjau LPJU di area Rusunawa Waena, Perumnas 3 dan 2, dan berakhir di Kampus IPDN Papua di Buper Waena, dimana ia menemukan sebanyak 27 LPJU yang sudah tidak lagi berfungsi.

Tampak Ruas Jalan Kotaraja – Abepura, dan beberapa titik lokasi jalan yang malam hari sering mengalami kegelapan akan dipasang lampu jalan. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

“Sebagian jalan masih tampak gelap sehingga mulai Oktober – Desember nanti kita akan bangun 25 titik LPJU di wilayah Kota Jayapura, termaduk di sepanjang jalan Buper Waena hingga ke Kampus IPDN Papua. Sesuai dengan program kami Kota Jayapura terang benderang,” jelas Tomi Mano, usai melakukan peninjauan.

Kemudian, Mano berencana akan meninjau beberapa kompleks yaitu di sepanjang jalan menuju Kampung Yoka, Kampung Nafri hingga Dok IX  untuk memastikan titik-titik yang akan di bangun LPJU.
 

Menurutnya, sepanjang jalan di Kota Jayapura harus terang. Sehingga Kota Jayapura menjadi kota yang terang benderang. Selain itu juga, penambahan LPJU di 25 titik diharapkannya dapat mengurangi tingkat kriminal di wilayah Kota Jayapura.

 

Diakuinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura dalam rangka mengejawantahkan program dan visi misi kepemimpinannya Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan wakilnya, Ir. H. Rustan Saru, MM, yang mana selama lima tahun ke depan menargetkan Kota Jayapura sebagai kota Terang Benderang. Bahkan dipaparkannya, dalam anggaran perubahan tahun ini telah diprogramkan untuk beberapa titik di sejumlah kawasan harus ada LPJU.

Selain itu, Pemkot juga telah menetapkan anggaran perubahan bersama DPRD serta mendapat dana tambahan dari Pemerintah pusat senilai Rp 46 miliar dari dana DAK dan nantinya dana tersebut akan dibagi habis.

DR. Benhur Tomi Mano, MM., selaku Wali Kota Jayapura, selalu giat mengajak masyarakkat dan ASN untuk berbuat yang terbaik bagi Kota Jayapura, sesuai moto Satu Hati Membangun Kota untuk Kemuliaan Tuhan. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)

“Dan sisa Rp 25 miliar nanti akan digunakan untuk pembangunan fisik dan non fisik yang ada di wilayah kota salah satunya adalah pemasangan LPJU,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan Harian Pagi Papua dilapangan, sebanyak 27 titik LPJU yang sudah tidak berfungsi akibat ulah warga yang merusak lampu dengan meleparkan batu, terutama di sepanjang jalan alternatif hingga di kompleks Rusunawa Perumnas 3.

“Nantinya sejumlah titik LPJU yang telah dirusaki warga akan kita benahi kembali. Dan sisa yang belum kita pasang lampu jalan nantinya akan dianggarkan pada APBD Induk 2018,” janjinya. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)