Addison Alves dan Boaz Solossa Penentu Kemenangan Persipura

0
36
Boaz Solossa, Kapten Tim Persipura Jayapura. (Geis Muguri)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Persipura Jayapura akhirnya keluar dari tekanan setelah beberapa pertandingan sebelumnya mengalami hasil kurang memuaskan. Persipura kembali meraih kemenangan atas Persela Lamongan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Kompetisi Liga Liga 1 Gojek Traveloka yang berlangsuing di Stadion Mandala Jumat (06/10/2017) kemarin.

Addison Alves dan Boaz Solossa menjadi penentu kemenangan. Kedua pemain tersebut menyumbangkan di menit ke 20 melalui titik putih yang dicetak Addison Alves dibabak pertama, sedangkan Boaz Solossa mencetak gol di menit ke -60 babak kedua, setelah menerima umpan Ian Louis Kabes.

Pertandingan yang berlangsung kemarin sempat tertunda beberapa menit akibat hujan deras yang turun hingga menggenangi lapangan. Pertandingan baru ditiup wasit Mustafa Umarela setelah air yang tergenang dilapangan dikeringkan oleh petugas.

Persipura langsung bermain menekan tim tamu Persela Lamongan agar bisa mendapatkan poin penuh dipertandingan itu. Kedua tim sama-sama tampil menyerang pertahanan masing-masing, namun perispura lebih menguasai jalannya permainan dengan penguasan bola, serta bermain dengan ciri khasnya dadri kaki ke kaki.

Persela juga sangat menikmati pertandingan meskipun lapangan agat sedikit licin karena sempat tergenang air, Persela juga memiliki peluang paling tidak ada lima peluang namun kurang beruntung, begitupun dengan tuan rumah yang mendapatkan peluang namun belum bisa dimanfaatkan menjadi gol. Beruntung Addison Alves mencetak gol melalui titik putih tepat di menit ke 20 sehingga merubah keunggulan tuan rumah menjadi 1-0, gol tersebut bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua pertandingan sempat terhenti cukup lama sekitar 1 jam akibat kesalahan teknis yang terjadi dilapangan, sehingga lampu stadion padam untuk sementara waktu yang cukup panjang. Kejadian tersebut sontak membuat semua penonton yang hadir terkejut. Pertandingan babak kedua baru berjalan usai kesalahan teknis gardu listrik  yang terjadi berhasil diperbaiki dan lampu Stadion berhasil menyala.

Persipura dibabak  kedua tampil kembali menyerang pertahanan Persela Lamongan yang dikawal oleh M Zainal Haq, Edy Gunawan, Muhamad Agung dan Ramon Rodrigues De Mesquita. Pemain-pemain persipura yang ingin memenangkan pertandingan tersebut rupanya bermain bersabar untuk melihat cela dan menambah pundi-pundi gol.

Pemain Persela juga di babak kedua tidak mau ketinggalan dengan sesakali menyerang pertahanan persipura dan sempat mengancam, namun sepakan dari pemain depan Persela Syamsul Arif membentur pertahanan pemain Persipura yang dikawal Mauricio Leal dan Ricardo Salampessy.

Persipura kembali memperbesar keunggulan melalui kaki Boaz Solossa setelah menorobos pertahanan Persela dan mencetak gol di menit 60 dan merubah papan skor menjadi 2-0. Tak berselang lama, melalui kerja sama yang baik antar pemain,  gelandang enerjik Persela Jose Manuela  Barbosa menyodorkan bola pas dikaki Samsul Arif dan mencetak gol dimenit ke 61. Sehingga merubah papan skor menjadi 2-1.

Lapangan Mandala sempat terjadi pemadaman lampu stadion, namun akhirnya bisa dinyalakan. (istimewa)

Persipura hampir saja menambah pundi-pundi golnya andai tendangan finalti  Ian Louis Kabes masuk, sayangnya bola finlati yang di eksekusi Ian Kabes membentur tiang gawang. Pemain Persela juga sempat membalas dengan serangan balik, jika saja tendangan Samsul Arif tidak ditepis Yoo Je Hoon maka hasil imbang sudah didapat, hasil 2-1 ini bertahan hingga pertandingan usai dengan kemenangan tuan rumah Persipura.

Pelatih Persela Lamongan Aji Santoso mengatakan, seperti yang sebelumnya saya katakan bahwa akan memberikan suatu tekanan kepada Persipura, saya cukup puas dengan cara bermain tim kami walaupun kami kalah satu dua, tetapi di babak kedua anak-anak banyak melakukan penyerangan dan banyak peluang.

“Permainan anak-anak di babak kedua juga menghasilkan peluang dan satunya menjadi gol. Kami bukan proses dari ketertinggalan lawan tetapi yang pertama memang bola gol melalui finlati dan gol kedua melalui kesalahan didaerah sendiri sehingga terjadi counter attack dan Boaz Solossa bisa mencetak gol,” kata Aji Santoso kepada awak media Jumat (06/10).

Dijelaskannya secara keseluruhan saya sangat puas dengan cara bermain pemain kami, tapi memang hasilnya kita belum mendapatkan poin. Menurutnya hanya kekelahan saja yang membuat kami tidak mendapatkan poin disini.

Disinggung soal adanya kemunduruan waktu yang menyebabkan tertundanya waktu bertanding Aji Santoso mengaku, kalau hujan kita tidak terlalu mempersoalkan hal itu, yang sangat disayangkan seharusnya tadi ada pennundaan 2X15 menit diawal, seharusnya panitia lebih sigap.

“Seharusnya sudah harus berpikir ini pastinya mendapat malam, jadi sudah harus menyiapkan lampunya, tapi 55 menit di babak kedua sangat disayangkan. Semua tidak ada masalah ya memang istirahatnya terlalu lama. Saya sangat respect dengan tuan rumah bahkan Panitian pelaksana sebenarnya sudah siap cuma bisa katakan tadi hujan yang cukup deras,” ungkap Aji.

Pemain Persela Ahmad Birrul Walidan mengaku, kami seluruh pemain sudah bekerja bekerja secara maksimal, namun mungkin hanya cuma faktor keberuntungan saja. “Kita sudah bermain baik dan bekerja secara tim tapi itulah hasil dari sebuah pertandingan sepakbola,” ucapnya.

Pelatih Persipura Wanderley Machado Da Silva Junior mengatakan, pertandingan ini cukup menarik, tetapi dengan pertolongan Tuhan, semua pemain bisa bekerja dengan maksimal untuk hasil pertandingan yang diraih sore ini.

“Kami bersyukur atas hasil ini, karena dari awal kami sudah memikirkan tiga poin dan kami terima kasih kepada pemain semua dan kami senang meski ada beberapa kesalahan tapi kita bisa meraih target,” ujar Wanderley JR usai laga  Jumat ( 06/10).

Meenurut Wanderley , meski berhasil meraih target  tiga poin, namun anak asihnya masoh lengah dalam konsentrasi sehingga mengakibatkan gol Persela tercipta , semenit setelah gol kedua Persipura yang dicetak  oleh Boaz Solossa.

“Konsentrasi dan komunikasi yang mengakibatkan kita kecolongan, kita selalu harap untuk membuat banyak peluang lagi difinishing,” katanya.

Lapangan Mandala, tempat berlangsungnya pertandingan. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Wanderley juga mengomentari penampilan Boaz Solossa yang dalam pertandingan tadi akhirnya mampu menyudahi peceklik golnya. Menurutnya, Boaz adalah pemain besar yang punya tanggung jawab, jadi pendapat publik yang selama ini menuding Boaz Solossa sudah habis tak perlu lagi di besar-besarkan.

“Boaz Solossa pemain hebat dan kita tahu siapa dia, dia pemain besar dan setiap bermain Boaz selalu merasa bertanggung jawab, hari ini dia bikin gol. Dan hari ini Boaz telah banyak membantu tim kami,” ungkapnya. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)