Uncen Dukung PON XX 2020 Dengan Ketersediaan Sarana Olahraga

0
73
Rektor Universitas Cenderawasih, Dr Ir Apolo Safanpo, ST, MT., (Eveerth Joumilena)
Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT., (Eveerth Joumilena)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Rektor Universitas Cenderawasih, Dr Ir Apolo Safanpo, ST, MT., mengatakan, sangat mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX 2020 di Papua, dengan menyediakan beberapa fasilitas yang memadai.

“Uncen Punya  dua gedung olahraga , sebelah USTJ dan GOR di samping Kedokteran,  kemarin saya sudah tinjau dan kemungkinan bulan depan sudah bisa digunakan,” ujar  Apolo Safanpo, di Uncen Perumnas III Rektorat, Selasa (3/10/2017).

Dikatakan,  pihaknya juga menyediakan sarana lapangan, sekiranya pemerintah bisa meningkatkan kapasitas, sehingga bisa digunakan untuk atlet.

“Kalau pemda melihat lapangan sebagai asset, sehingga bisa digunakan, jadi  Gor yang didepan Trikora bisa tenis meja dan bisa dikembangkan sedikit,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Cenderawasih, Fredrik Sokoy mengatakan, menjelang kesiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, maka Uncen telah siap dan semua kesiapan dan tempat juga ikit mendukung.

 

“Tentunya sebagai perguruan tinggi juga menyiapkan hal – hal yang menunjang pelaksanaan PON XX 2020 nantinya, diantaranya beberapa atlet dan perangkat pertandingan,” ujar Fredrik Sokoy,  sebelumnya.

Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT., (Eveerth Joumilena)

Dikatakan, tentunya saat ini adalah ajang untuk membentuk para atlet dan jika dilihat dari sebagai yang berada dalam kepengurusan KONI Papua adalah dosen dan staf dari Uncen, yang tentunya lebih memahami aturan pertandingan dan telah siap mendukung.

“Beberapa atlet pada PON kemarin juga ada yang berasal dari Uncen dan tentunya ini menjadi harapan kedepan untuk melihat fasilitas dan pendukung lainnya, karena ini adalah moment penting apalagi Papua sebagai tuan rumah,” harapnya.

 

Rektor Uncen Mendorong Kampus Kembali ke Tujuan Pendidikan

 

Rektor Universitas Cenderawasih, Dr Ir Apolo Safanpo, ST, MT mengatakan, siap membawa Universitas Pertama di Papua ini menjadi yang  terbaik dalam pendidikan.

“Banyak tugas yang perlu dibenahi, sehingga saya akan membersihkan dan bila ada yang bekerja tidak sesuai dengan aturan akademik juga akan siap diganti,” ujar Rektor Uncen,  dalam diskusi bersama sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Selasa (3/10)/

Dikatakan,  bahwa dirinya akan langsung turun kepada mahasiswa dan mengurus mahasiswa secara dekat, sehingga kalau urusan adminisrasi dan keuangan akan percayakan pembantu rektor yang mengurusnya.

“Tentunya tidak melupakan fungsi pendidikan  yang lain, yakni penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sebagai bagian dari membangun perguruan tinggi,” katanya.

Dr Ir Apolo Safanpo, ST, MT.,  mengatakan banyak pekerjaan yang akan menantinya seperti membenahi persoalan akreditasi, kepangkatan, dan meningkatkan rasa cinta kampus di kalangan mahasiswa Uncen.

“Kami akan melakukan evaluasi terhadap tata kelola lembaga secara umum dan secara khusus terhadap sistem akademik dan kemahasiswaan dalam program 100 hari ke depan. Hasil evaluasi itu akan dijadikan dasar dalam memetakan program prioritas untuk empat tahun ke depan,” katanya.

 

Dalam diskusi singkat, Rektor Uncen mengakui, akan menata administrasi dan mendokumentasikan apa yang menjadi pembinaan didalam kampus.

“Dalam hal ini penataan informasi akademik juga bagian yang penting,” katanya mengakhiri pembicaraan. (Eveerth Joumilena)