KPK Imbau Kepala Daerah di Papua Komitmen Berantas Korupsi

0
30
Suasana workshop aplikasi perencanaan keuangan berbasis elektronik, di Jayapura, Selasa kemarin. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau para kepala daerah di seluruh Papua untuk memegang teguh komitmen pemberantasan korupsi yang sudah disepakati maupun di tandatangani beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Unit Kerja Koordinasi Supervisi dan Pencegahan KPK, Tri Gamareva di Jayapura, workshop aplikasi perencanaan keuangan berbasis elektronik, di Jayapura, Selasa (3/10/2017) kemarin.

Menurut dia, kunci utama keberhasilan pencegahan korupsi dan pembenahan tata kelola pemerintahan baik di provinsi, kabupaten dan kota, ada di tangan para pimipinan daerah.

Oleh karenanya, diharapkan para kepala daerah mampu menterjemahkan serta melaksanakan isi komitmen pencegahan korupsi di wilayahnya masing-masing.

“Namun tak hanya bagi Kepala Daerah, peran wakil kepada daerah seperti, Sekda, Inspektur, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pimpinan DPR, dan Forkopimda, juga sangat berpengaruh menentukan keberhasilan program pemberantasan korupsi di atas tanah ini”.

“Sebab tanpa komitmen Kepala Daerah dan dukungan Wakil kepala daerah maupun perangkat dibawah dan setara dengannya, semua yang dilakukan pastilah hanya akan sia-sia belaka,” tutur dia.

Sementara Ketua Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Pemprov Papua, Elysa Auri berharap keberadaan KPK dalam serangkaian kegiatan pencegahan KKN di Bumi Cenderawasih, mampu meningkatkan komitmen para kepala daerah dalam rangka pencegahan korupsi terintegrasi.

Sementara berkenaan dengan kegiatan workshop itu, ia berharap pengetahuan yang diberikan bagi aparatur kabupaten/kota, dapat berdampak positif bagi pengelolaan keuangan dan perencanaan yang transparansi.

“Saya harap melalui kegiatan ini, dapat memberikan hal positif untuk pengelolaan keuangan di daerah,” pungkas dia. (Erwin  /Koran Harian Pagi Papua)