Friday, 24 Nov 2017
Olahraga

Persipura Bersama 14 Tim Liga 1 Ancam Mogok Ikut Kompetisi

Bento Madubun dari Persipura Jayapura, saat menyampaikan keterangan. (Geis Muguri)

JAKARTA  (LINTAS PAPUA) – Tim Persipura Jayapura bersama 14  tim profesional yang berkompetisi di Liga 1 2017 mengancam untuk mogok sementara dari kompetisi kasta teratas Indonesia yang hingga saat ini sudah memasuki pekan ke-17.

Kinerja dari PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi membuat 15 klub tersebut merasa tidak puas karena dianggap tidak menjalani tata kelola yang baik seperti diamanatkan oleh Presiden Joko Widodo sebelum kompetisi dimulai.

Mereka yang menamakan diri sebagai Forum Klub Sepakbola Profesional , yang saat ini dihuni 15 klub Liga 1, menyampaikan keluhan mereka kepada media Rabu (04/10) siang, di Jakarta.

Pada acara tersebut, forum ini diwakili oleh Achmad Haris, Bento Madubun, Gede Widiade dan Syarifuddin Ardasa. “ Kebetulan kami berempat disini mewakili 15 klub yang masih aktif di kompetisi sepakbola preofesional,” buka Syarifuddin kepada awak media.

“Sejauh ini, 15 klub ini berkesempatan ada beberapa aspek penting dari ekspektasi sepakbola kita yang digadang-gadang memajukan aspek sepakbola profesional yang belum menyeluruh. Aspek bisnis, aspek teknis dan aspek legal,” kata Syarifuddin.

Baca Juga :  Yoo Jae Hoon : Terimakasih Kepada Semua Pendukung Persipura

“Ini menjadi penting karena ekspektasi kita yang ingin melihat sepakbola profesional masih belum ada tanda-tanda membaik dan ini sangat mencemaskan jika berlanjut ke musim depan,” urai asisten manajer dari Barito Putera itu.

Sejauh ini, mereka menganggap operator belum memberikan kejelasan terkait aspek diatas dan sampai sekarang klub belum mendapatkan surat perjanjian yang menjadi dasar hukum keikutsertaan mereka di Liga 1.

“Kami sudah mengundang LIB, sudah berdiskusi tapi kami ditanggapi. Ini kami lakukan karena ini bertolak dengan harapan kedua orang tua kami; Bapak Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi dan Presiden Joko Widodo soal tata kelola sepakbola yang baik,” ujar Bento Madubun dari Persipura Jayapura.

“Apabila dalam 14 hari, LIB tidak mengembalikan suart perjanjian yang sudah kami serahkan diawal kompetisi, maka kami bersepakat untuk berhenti berkompetisi sementara waktu,”tukasnya.

Lapangan Mandala di Kota Jayapura, sebagai home base Persipura. (Eveerth Joumilena)

Dalam 14 hari ke depan, terhitung esok, diharapkan LIB sudah bisa mengembalikan surat perjanjian yang disepakati sebelum kompetisi dimulai dan memberikan kejelasan tentang segala aspek yang dimaksud kepada klub. Tiga klub yang tak ikut dalam forum ini antara lain Persib Bandung, PS TNI dan Bali United.

Baca Juga :  Kam Stop Lempar Kalau Nonton, Akibatnya Persipura Terkena Sanksi Rp. 22 Juta

Beberapa hal yang dianggap tidak ada kejelasan antara lain perhitungan pembagian keuntungan berdasarkan rating televisi, sistem pengaturan jadwal, transparansi jumlah sponsor, hak gaji pemain yang dipanggil timnas, penugasan wasit asing hingga regulasi kompetisi secara umum.

Sementara itu 15 Forum Klub Sepakbola Profesional yang hadir yakni. Persija Jakarta, Bhayangkara FC, Arema FC, Borneo FC, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Persela Lamongan, Persegres Gresik United, Persipura Jayapura, Perseru Serui, Barito Putera, Semen Padang, Madura United.  (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)