Friday, 24 Nov 2017
Berita Port Numbay Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Wali Kota BTM Bantu Sarana Penunjang di 32 SMP dan  65 SD

Foto Bersama dengan Wali kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., usai penyerahan bantuan kepada berbagai sekolah. (Elsye Sanyi/Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Jayapura meliputi pemerataan dan akses pendidikan, peningkatan mutu kebermaknaan dan daya saing pendidikan serta penguatan tata kelola pendidikan, terus diupayakan dalam rangka pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

Sejalan dengan itu untuk membantu penyelenggaraan pendidikan di Kota Jayapura, aksesibilitas informasi harus adaptif terhadap perubahan jaman dan teknologi informasi.
Dengan memberikan bantuan laptop Lenovo kepada 65 Sekolah Dasar untuk operasional sekolah dan alat peraga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang meliputi 12 item peralatan matematika, 5 item peralatan IPA fisika dan 94 item peralatan IPA biologi, 31 item peralatan pendidikan jasmani olahraga, 8 item peralatan kesenian  dan 2 item media pembelajaran yang dibagikan kepada 32 SMP yang ada di Kota Jayapura, yang dipusatkan di Aula SMP YPK Kotaraja, Senin (2/10/2017) kemarin.
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM meminta, para kepala sekolah untuk mendukung program Pemkot Jayapura, dan tetap bekerja berlandaskan moto Pemkot Jayapura Hen Tecahi Yo Onomi T’mar Ni Hanased yang berarti Satu Hati Membangun Kota Untuk Kemuliaan Tuhan.
Wali Kota BTM saat memberikan bantuan laptop Lenovo kepada 65 Sekolah Dasar untuk operasional sekolah dan alat peraga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang meliputi 12 item peralatan matematika, 5 item peralatan IPA fisika dan 94 item peralatan IPA biologi dan bantuan lainnya,. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)
“Satu hati, kesehatian untuk membangun tanah Port Numbay untuk kemuliaan Tuhan, menuju kerajaan surga. Saya harapkan kepala-kepala sekolah harus menanamkan disiplin dan tanggung jawab sehingga bantuan yang dibelanjakan dengan uang rakyat ini dapat digunakan dengan baik demi meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kota Jayapura,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Disdikbud Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd menambahkan Pemkot Jayapura tak henti-hentinya memberikan bantuan untuk sekolah-sekolah negeri maupun menghibahkan bantuan kepada sekolah-sekolah swasta yang ada di Kota Jayapura.
Diakuinya hal ini merupakan sejarah Pemkot Jayapura dimana dalam rangka peningkatan mutu pendidikan atau sumber daya manusia maka Pemkot membuat suatu gebrakan memberikan bantuan peralatan pendidikan dan laptop.
Adapun output yang diharapkan, adalah bagaimana meningkatkan mutu pendidikandi Kota Jayapura. Sehingga ia berpesan agar para kepala sekolah harus serius dan mampu mendorong terciptanya iklim pendidikan yang kondusif, maju dan berdaya saing.
Dalam mendidik siswa-siswi dengan menggunakan bantuan pembelajaran yang telah serahkan kepada pihak sekolah. Ia juga berharap agar alat peraga pembelajaran dan laptop tidak disakralkan atau di simpan dalam laboratorium, tetapi harus digunakan.

“Seluruh kegiatan ini dibebankan pada DPA Disdikbud Tahun Anggaran 2017 bersumber pada dana DAK SD dan DAK SMP dengan rincian alat peraga pembelajaran SMP sekitar Rp. 965 juta dan pengadaan Laptop SD sebesar Rp. 448 juta,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gubernur Papua Sukses dan Banyak Diberitakan Media, Lukas Enembe Raih Apresiasi Tokoh Pembangun Daerah Indonesia Timur
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., saat menyerahkan bantuan kepada para guru mewakili sekolah mereka. (Elsye Sanyi/Koran Harian Pagi Papua)
Selain itu, Kepala SMP YPK Kotaraja, Patanduk Biring, SS. M.Pd memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemkot Jayapura melalui Disdikbud yang tetap eksis memberikan perhatian bagi kemajuan pendidikan di Kota Jayapura.
Ia memaparkan sudah sangat lama sekolahnya bergumul untuk memiliki alat kesenian berupa keyboard, gitar dan alat seni lukis. sehingga pihaknya sangat bersyukur dengan bantuan kesenian dari Pemkot Jayapura, yang akan difungsikan oleh siswa di ruang galeri seni milik sekolah.
Lanjutnya, sebagai kota barometer pendidikan di Provinsi Papua, satuan pendidikan di Kota Jayapura harus berkompetisi secara sehat, Sehingga diharapkannya dengan diluncurkan alat perangkat pembelajaran bagi SMP dan laptop bagi SD yang sangat membantu sekolah untuk bagaimana memacu kedepannya sekolah-sekolah tidak ketinggalan jauh dengan sekolah-sekolah lain yang ada di luar Provinsi Papua.
“Harapan kami kedepan, Bapak Wali Kota Jayapura terus memperhatikan baik sekolah negeri dan swasta yang ada di Kota Jayapura supaya pemerataan pendidikan disini bisa berjalan dengan baik guna mencapai hasil yang maksimal,” paparnya. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)