Dana 7 Kampung Rp. 500 Juta di Distrik Bpiri Untuk Peternakan

0
44
Kepala Distrik Bpiri, Elkius Waga S.Sos., saat ditemui di kantor bupati Kabupaten Jayawijaya
Kepala Distrik Bpiri, Elkius Waga S.Sos., saat ditemui di kantor bupati Kabupaten Jayawijaya

WAMENA (LINTAS PAPUA) – Sebanyak tujuh kampung yang ada  di Distrik Bpiri, Kabupaten Jayawijaya,  baru-baru ini serentak telah menyalurkan dana kampung tahap pertama.

Dana desa/kampung tahap pertama yang dicairkan rata-rata berkisaran Rp. 500 juta ini, telah disiapkan ke beberapa bidang diantaranya, penyelenggaraan pemerintahan kampung, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat kampung, peningkatan ekonomi produktif, dan beberapa pos dana lainnya.

 

Kepala Distrik Bpiri, Elkius Waga S.Sos menyampaikan, bahwa dalam penyaluran dana kampung pihaknya hanya berwenang untuk ikut melakukan pengawasan, dan memastikan dana tersebut penyerapannya sesuai program yang telah disepakati bersama dalam Musrembang tingkat kampung.

 

“Kami hanya mengawasi dan memonitoring kepala kampung dalam penggunaan dana kampung. Sehingga semua program bisa berjalan sesuai dengan musrembang yang sudah dilakukan,” ungkapnya Kadistrik Bpiri saat ditemui di kantor bupati  Kabupaten Jayawijaya, Senin (02/10/2017) kemarin.

 

Menurutnya, hal ini dilakukan berdasarkan petunjuk pemerintah kabupaten dalam hal ini DPMK dan Inspektorat.

Lanjutnya, dalam musrembang tujuh kampung yang ada di distrik Bpiri rata-rata program pemberdayaan masyarakat kampung, masyarakat memilih untuk membudidayakan ternak babi dan kelinci, serta perluasan lahan pertanian, diharapkan melalui dua sektor utama tersebut secara perlahan dapat ikut membantu perekonomian masyarakat.

“Jadi tahapan pertama sudah dicairkan dan sementara berjalan, sedangkan tahapan kedua akan di cairkan setelah 60 persen kegiatan berjalan dengan memasukan realisasi dana kampung,” tandasnya. (Vin/nn /Koran Harian Pagi Papua)