Polsek Nimboran Tangkap Pelaku Pencurian 16 Unit Laptop di SMKN II

87
Pelaku Pencurian saat ditangkap (istimewa)
Pelaku Pencurian saat ditangkap (istimewa)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Jajaran Polsek  Nimboran berhasil menangkap pelaku pencurian di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri II (SMK II) Nimboran. Pelaku berinisial HW  (28) warga Kampung Pobaim, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, pada Sabtu (30/9/2017) lalu yang mencuri 16 unit laptop di Laboratorium SMKN II Nimboran.

Kapolres Jayapura AKBP Gustav R. Urbinas. SH, S.IK, melalui Kapolsek Nimboran, Ipda Andi Basuki Rachman SH, mengatakan bahwa kejadian pencurian 16 unit laptop di Laboratorium SMK Negeri II Nimboran itu terjadi pada Kamis (28/9) sekitar pukul 00.00 WIT.

Maka itu, Polsek Nimboran melakukan olah TKP dan dilakukan penyelidikan melalui rekaman CCTV untuk mengetahui siapa pelakunya.

“Sehingga pada Jumat (29/9) lalu sekitar pukul 11.00 WIT, kami dari pihak Kepolisian baru menerima dan juga mengecek hasil rekaman CCTV tersebut. Untuk mengetahui pelaku selanjutnya, maka tim dari Polsek Nimboran melakukan pencarian terhadap pelaku,” jelas Kapolsek Nimboran, Ipda Andi Basuki Rachman. SH, saat mengirim rilis pers kepada wartawan harian ini, Sabtu (30/9) lalu.

Menurutnya, pelaku ditangkap berdasarkan hasil informasi dari masyarakat yang diterima oleh Bripka Pither  (Anggota Unit Intelkam Polsek Nimboran) bahwa pelaku sedang berada di rumah istrinya yang terletak di Kampung Yanim, Distrik Kemtuk Gresi.

“Pada saat memperoleh informasi tersebut, tim dari Polsek Nimboran yang dipimpin oleh Bripka Yonathan Yaru langsung bergerak ke Kampung Yanim, Distrik Kemtuk Gresi. Sehingga pelaku HW ini berhasil membekukan dan kemudian pelaku dibawa ke Polsek Nimboran,” terang Kapolsek Nimboran.

Dijelaskan juga, dari hasil interogasi pelaku HW bahwa setelah melakukan pencurian 16 unit laptop tersebut, lalu barang hasil curiannya itu disembunyikan dibelakang rumahnya di Kampung Pobaim, Distrik Nimboran. Setelah itu, pelaku HW melarikan diri dan bersembunyi di Kampung Yanim, Distrik Kemtuk Gresi, Kabupaten Jayapura.

Barang bukti yang berhasil diamankan diantaranya 1 buah linggis berukuran 165 cm (1.65 M), 16 unit laptop merek HP, 16 Buah Tas Laptop dan 16 buah cash laptop merek HP.Kapolsek Nimboran, Ipda Andi Basuki Rachman SH, menambahkan pelaku HW dan barang bukti sudah diamankan di Rutan Mapolsek Nmboran.

“Jadi, pelaku HW ini merupakan residivis dengan kasus yang sama yakni kasus pencurian yang dibebaskan dari LP Abepura pada tahun 2014 lalu dengan kasus pencurian mesin babat di SMK YPK Kampung Gemebs dengan vonis 11 bulan penjara,” tukasnya. (Irf /Koran Harian Pagi Papua)