Friday, 24 Nov 2017
POLHUKAM

Kapolres Gustav Ajak Masyarakat Sabar Menunggu Putusan MK

Kapolres Jayapura, AKBP Gustav R. Urbinas, SH, S.IK., saat memberikan keterangan. (Irfan)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Menjelang pembacaan putusan hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Kapolres Jayapura AKBP Gustav R. Urbinas, SH, S.IK, mengimbau seluruh tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat menjaga situasi kondisi kamtibmas tetap kondusif.

Marilah kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang ada dan mendukung apapun keputusan yang akan diterima. Kita dari Kepolisian sifatnya hanya menunggu, dan menindaklanjuti apabila ada agenda dari KPU kedepannya, ujar Kapolres saat berbincang-bincang dengan wartawan, diruang kerjanya usai pelaksanaan Sertijab 3 Kasat dan 3 Kapolsek, di Mapolres Jayapura, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Sabtu (30/9/2017) lalu.

Menurut Kapolres Gustav, pihaknya hanya menunggu saja, apakah akan ada Pilkada lagi atau TPS yang diulang untuk melakukan pemungutan suara ulang. Apakah yang kemarin (hasil Pilkada) dinyatakan sah dan final, sehingga ketika nantinya dilanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu penetapan pemenang. Apakah akan diundur lagi Pilkada ini, semua itu pihaknya serahkan kepada pihak penyelenggara.

“Ya, kita menyesuaikan saja untuk bisa mengamankan agenda Pilkada yang belum selesai hingga saat ini dan sambil menjaga kamtibmas tetap kondusif. Imbauan saya untuk situasi di daerah ini kepada masyarakat menyikapi atau menunggu putusan MK terhadap sengketa hasil Pilkada itu, diharapkan masyarakat bisa berpikir positif kedepan. Artinya, semua masyarakat akan mendukung siapapun kepala daerah yang akan menjalankan pemerintahan nantinya,” pesannya.

Baca Juga :  Polres Jayapura Terus Kawal Proses Perhitungan Suara

Begitu juga dengan pendukung dan simpatisan pasangan calon, agar bersikap tenang dan tidak melakukan aktivitas yang dapat mengundang hal-hal yang tidak baik.

Mahkamah Konstitusi,
dinilai akan bijaksana dalam memutuskan perkara Pemilukada Kabupaten Jayapura (flickr.com)

“Kami dari Kepolisian sangat berharap putusan MK itu dapat diterima dengan lapang dada dan dewasa, sehingga memberi contoh dan teladan kepada masyarakat kita semua yang ada di daerah ini,” tuturnya.

Diakui, masyarakat pada umumnya semua hidup normal dan tidak terlalu khawatir dengan hal itu.

“Tetapi, saya rasa hal yang wajar sebagai tim pasti ada yang kecewa dan juga senang, tuturnya.

Untuk masalah sengketa Pilkada dan hukum yang berkaitan dengan Pilkada, Kapolres Gustav meminta masyarakat mempercayakan kepada proses hukum agar tidak menimbulkan polemik. (Irf /Koran Harian Pagi Papua)

  • Yohanis Rumere

    Kapolres Gustav itu dimanaee…?
    Maaf nanti kalau ketik berita yg sejenis ketik seperti inj “Kapolres Jayapura AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S. SIK.”

    • Terimakasih atas masukannya. itu hanya judul dari berita, soal penulisan nama sudah jelas dalam isi berita dan itu bukan menunjukan nama tempat, akan tetapi subjek yang mengajak masyarakat untuk bersabar. Terimakasih