Friday, 24 Nov 2017
Olahraga

Inilah Sepakbola Belajar dari Kesalahan, Persipura Dikalahkan MU  0 – 1

Pelatih Gomes De Olivera dan Pemain Madura United, Dane Milovanovic, saat memberikan keterangan pers usai pertandingan. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tim Persipura  dipaksa  menyerah 0-1 dari tamunya Madura United dalam lanjutan Liga 1 Gojek Traveloka yang berlangsung di Stadion Mandala Jayapura Minggu (01/10) kemarin. Gol kemenangan tim tamu dicetak oleh Dane Milovanovic menit ke 28 babak pertama memupuskan ambisi  tuan rumah untuk mendapatkan tiga poin. Tentunya Lapangan Mandala sudah tidak lagi angker bagi tim tamu.

 

Sejak kick off babak pertama ditiup wasit Hadiyana, kedua tim bermain terbuka untuk tampil saling menyerang. Boaz Solossa  (C) dkk,  yang ingin memenangi laga itu  langsung mengambil inisiatif menyerang ke pertahanan Madura United, namun selalu digagalkan pemain bertahan yang dikawal oleh Fabiano Da Rosa Beltrame (C), Asep Berlian, Andik Rendika Rama dan Wahyudi Aryanto, cukup menyulitkan Addison Alves dan Maryanto Wanewar.

 

Persipura dalam laga itu tak berbuat banyak setelah pemain-pemain Madura United bermain dengan cerdik untuk melihat situasi, dan menguasi bola sepanjang babak pertama, dimenit ke 28 babak pertama memanfaatkan cela serta konsentrasi pemain belakang Persipura Dane Milovanovic, membuat jalan persipura bergetar.

 

Dengan situasi keunggulan, Madura Unietd mulai bermain bertahan, hingga babak pertama usai dengan skor akhir 0-1 untuk keunggulan Madura United. Masuk babak kedua Persipura mencoba terus untuk bangkit dan mengejar ketertinggalan, tapi sayang ketatnya pertahanan ti m tamu membuat para pemain frustasi.

Wanderley mencoba  mengubah strategi diawal babak kedua dengan memasukan Friska Womsiwor dimenit ke 46 menggantikan Ferinando Pahabol untuk menambah daya serang timnya, Maryanto digantikan Osvaldo Haay.

Melihat situasi itu Gomes De Olivera juga langsung memasukan pemainnya untuk bisa menjaga pertahanan, dirinya menarik keluar Furtuoso Dos Santos dan memasukan Engelberd Sani. Madura United rupanya di babak kedua beberapa kali mengancam lini bertahan Persipura dan hampir menambah gol lewat kaki Bayu Gatra namun dimentahkan oleh Yoo Jae Hoon.

Lapangan Mandala, tempat berlangsungnya pertandingan. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Persipura sendiri juga balik mengancam dengan beberapa kali peluang tendangan bebas tapi belum memenuhi sasaran. Greg Nwokolo hingga akhir babak kedua masih saja mengancam gawang Persipura, tapi lihai nya Yoo Jae Hoon sehingga pundi-pundi gol gagal ditambahkan.

Wasit Hadiyana dipertandingan itu harus mengeluarkan empat kartu kuning tiga untuk pemain Madura United Dane Milovanovic menit 41, Andik Rama menit 44, dan Fahrudin, sementara  kartu kuning lainnya diberikan bagi Yustinus Pae menit 78.

Baca Juga :  Persewar Waropen Pimpin Group C Liga 3 Zona Papua

Gomes De Olivera rupanya sangat pintar memasukan beberapa pemain untuk menjaga keunggulan dengan memasukan Guntur Ariyadi menggantikan Slamet Nurcahyono dan Munhar menggantikan Dane Milovanovic menit 90+1 diakhir babak kedua. Skor 0-1 untuk keunggulan Madura United bertahan hingga usai dan Madura United berhasil mencuri poin.

Pelatih Madura United, Gomes De Olivera mengatakan, saya satu persis kesulitan untuk memenangkan pertandingan disini melawan Persipura Jayapura. Saya tau bagaimana karakter mereka.

“Saya sangat bersyukur tim saya bisa menang di sini dan berterimkasih kepada semua pemain dan staff manajemen Madura United, dengan kerja keras memenangkan pertandingan penting untuk kita,” kata Gomes De Olivera,  kepada awak media,  Minggu sore (01/10/2017) kemarin.

Perjuangan kami juga sangat keras dan kami melawan tim yang mempunyai pemain top dan kuat serta berani tapi kita bisa keluar sebagai pemenang dan sesuatu yang tidak dapat disangka orang tetapi kami bisa buat hari ini. Memang pertandingan yang sangat sulit tapi Madura bisa lakukan dan menang. Kami masih punya perjuangan ditujuh pertandingan sisah kita harus kerja keras dan berjuang, untuk peluang juara masih sangat terbuka lebar, kita harus bisa menang disisah tujuh pertandingan ini.

“Kita sudah fokus dan harus membawa Madura dengan prestasi dan bekerja, dan baik itu semua terjadi sesuai rencana kita dilaga sore ini. Kami sangat bersyukur kemenangan ini kunci adalah kebersamaan secara tim pemain semua menjaga lawan selama 90 menit dan itu tidak gampang untuk menjaga pemain persipura dan itu yng buat kami bisa memenangkan pertandingan tadi,” ungkap Gomes.

Pemain Persipura, Friska Womsiwor  dan Pelatih Persipura, Wanderley Machado Da Silva Junior,  saat memberikan keterangan pers usai pertandingan. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)

Sementara itu, pemain Madura United yang turut membawa timnya menang,  Dane Milovanovic mengungkapkan. Kami agak sulit datang ke Jayapura karena dalam beberapa tahun terakhir ini Persipura jadi tim yang sangat kuat disepakbola Indonesia, kita punya beberapa kesempatan satu atau dua kesempatan dan bisa memanfaatkan itu.

“Kita bertarung bersama-sama dan bertarung dengan sangat fair dan saya sangat gembira bisa menghasilkan tiga poin buat kami. Gol ini saya persembahkan untuk keluarga dan semua masyarakat Madura, kami akan terus bertarung untuk bisa menjadi juara,” bilangnya.

Baca Juga :  Dukung PON 2020, BTM Siap Benahi Pembangunan Venue

Pelatih Persipura, Wanderley Machado Da Silva Junior mengatakan, memang di hari ini seperti kita semua memang sedih, pemain kami sudah berusaha maksimal untuk menangkan pertandingan tapi akhir di papan skor tidak sesuai dengan harapan kami. “Itulah sepakbola dan kita harus belajar dari kesalahan, dan bukan pemain saya juga harus belajar agar bisa lebih bagus dari hari in,” katanya.

“Pemain sudah bekerja maksimal dengan seluruh kemampuan mereka, dan kita coba dari awal hingga akir pertandingan, tapi Madura memanfaatkan sedikit konsentrasi pemain kita di momen bola mati dan mereka bisa bikin gol, dan counter attack. Apa yang kita tidak berpikir terjadi hari ini dan kita kalah, kita harus terima dan besok adalah hari baru untuk kita bekerja lagi untuk pertandingan berikut,” tutur Wanderley JR.

Pemain muda Persipura,  Friska Womsiwor mengaku, pertandingan hari ini menurut saya cukup bagus juga, kami sebagai pemain Persipura sudah berusaha yang terbaik tapi inilah sepakbola. Apapun hasilnya harus kami terima karena perjalanan masih sangat panjang.

“Kami sudah sebagai pemain sudah berusaha tapi itulah hasil akhir, kami akan tetap belajar dan fokus kepada sisa pertandingan lainnya,”ucapnya.

Line Up Persipura, Yoo Jae Hoon (PG), Mauricio Leal, Muhamad Tahir, Ruben Karel Sanadi, Yustinus Pae, Ian Louis Kabes, Yanpiter Nasadit, Addison Alves, Boaz Solossa, Marinus Wanewar, Yohanes Ferinando Pahabol. Dede Sulaiman, Andri Ibo Izack Wanggai, Ronny Beroperay, Elissa Basna, Osvaldo Haay, Friska Womsiwor.

Madura Unietd Angga Saputra (PG), Andik Rendika Rama, Asep Berlian, Fabiano Beltrame, Fachrudin Wahyudi Aryanto, Dane Milovanovic, Selametv Nurcahyono, Bayu Gatra, Greg Nwokolo, Rendy Siregar, Thiago Furtuoso. Hery Prasetyo, Guntur Ariyadi, Munhar, Fandi Eko Utomo, Rizky Febriyanto, Engelberd Sani, Muhamad Marasabessy. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)