BTM Peduli Kesehatan Gelar Baksos Pengobatan Gratis

0
6
Suasana Bakti Sosial di Kampung Tobati . (Rudolf)
Suasana Bakti Sosial di Kampung Tobati .  Tampak seorang mama sedag dilayani petugas kesehatan dalam sebuah pemeriksaan. (Rudolf)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Sebagai wujud nyata kepeduliannya terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat luas, Dr. Benhur Tomi Mano. MM. (BTM) bersama  tim relawan BTM peduli kesehatan menggelar bakti sosial (baksos) pengobatan gratis di Kampung Tobati, Injros, dan wilayah sekitarnya ini, Sabtu (30/9/2017).

 

 

Baksos pengobatan gratis yang digelar selain untuk memenuhi hak hidup sehat warga masyarakat, baksos pengobatan secara cuma-cuma tanpa keluar biaya ini juga tujuannya untuk meringankan beban biaya berobat warga.

 

“Melalui aksi BTM peduli kesehatan ini saya harapkan dapat membantu meringankan beban biaya kesehatan masyarakat Kota Jayapura, secara khusus saya berharap, warga di kampung-kampung bisa menikmati hidup sehat, sehingga dengan hidup sehat, maka warga akan lebih produktif dalam beraktivitas,” ujar Benhur Tomi Mano.

Suasana Pelayanan Kesehatan dalam pengobatan gratis oleh Wali Kota Benhur Tomi Mano bersama Tim Relawan di Kampung Enggros. (Rolen Sawaki Facebook)

Selain di lokasi Tobati, Injros dan sekitarnya, tim relawan BTM peduli kesehatan juga berencana akan melakukan baksos pengobatan gratis yang sama ke beberapa wilayah di Kota Jayapura.

 

“Ini pertama kalinya tim relawan BTM peduli kesehatan turun melakukan baksos pengobatan gratis di Kota Jayapura, berikutnya tim relawan BTM peduli kesehatan juga akan turun ke tiga kampung Skouw, Mosso, dan juga wilayah perkotaan padat penduduk,” ujar Wali Kota Jayapura yag juga Putra Asli Kampung Tobati  ini.

 

Aksi tim relawan BTM peduli kesehatan ini merupakan upaya pendekatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat secara langsung, sehingga masyarakat dengan mudah dapat merasakan pelayanan kesehatan disamping itu pelayan seperti ini lebih mudah dijangkau masyarakat.

 

“Ini merupakan upaya kami dalam meningkatakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, tidak jauh-jauh ke Puskesmas atau ke Rumah Sakit, bisa menjangkau mereka itulah harapan kami”, pungkas BTM.

Dalam aksi baksos ini selain bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura dan PT. Bank Mandri, nampaknya tak tangung-tangung tim relawan BTM peduli kesehatan juga mendatangkan tenaga dokter-dokter yang berpengalaman dari Jakarta untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan maksimal kepada warga di Kampung Tobati dan Kampung Eggros dan sekitarnya.

Suasana Pemandangan di Kampung Tobati. (Elsye Sanyi)

Sementara itu, Salah satu dokter ahli bedah, DR. Oktaviati mengakui, ia bukan baru pertama kalinya melakukan pelayanan bersama tim relawan BTM peduli kesehatan, katanya ia dan rekan-rekannya sudah beberapa kali dipercayakan tim relawan BTM turun ke beberapa wilayah perkampungan untuk melakukan pelayanan yang sama.

 

“Belum lama ini bersama tim kami juga sudah turun melakukan aksi yang sama di Kampung Hobong Kabupaten Jayapura, Pulau Liki Sarmi, Aimando Pasi Kabupaten Biak, Inanwatan Sorong Selatan Papua Barat, bahkan di luar wilayah Papua yaitu di beberapa lokasi di Ambon Maluku juga kami telah melakukan pelayanan yang sama bersama relawan ini,” kata DR. Oktaviati.

Aksi baksos terlihat sejak diawali sejak pagi hingga siang hari tampak masyarakat begitu antusian berdatangan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Aksi baksos ini direncanaan akan berlangsung selama dua hari berturut-turut di lokasi kampung yang sama, dengan tujuan dan juga harapan agar warga masyarakat di kampung ini dan sekitarnya bisa terlayani kesehatannya secara merata.(Rudolf)