Persitoli Juara Pertiwi Cup Usai Hancurkan Galanita Keerom 6 – 0

296
Suasanan Pertadingan Galanita Keerom dan Galanita Persitoli di Lapangan Hamadi. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)
Tim Galanita Tolikara dan Tim Galanita Keerom, saat bertanding di lapangan Hamadi. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tim Galanita Persitoli Tolikara akhirnya keluar sebagai juara kompetisi Pertiwi Cup 2017 zona Papua, setelah mengalahkan Keerom dengan skor 6-0 yang berlangsung di lapangan Hamadi, Kamis (28/09/2017) kemarin.

 

Masing-masing gol Persitoli dicetak oleh Serly Wanimbo menit 20, Yudith Sada dua gol menit 49 dan 57, Regina Wonda memborong tiga gol sekaligus menit 45,60 dan 88. Hasil pertandingan antara Galanita Kota Jayapura dan Persidafon tidak mempengaruhi peringkat, sehingga tim Galanita Persitoli Tolikara memastikan juara dan akan mewaikili Papua.

Tim Galanita Tolikara sendiri akan mengikuti Kompetisi Pertiwi Cup Nasional yang akan berlangsung Desember di Jakarta.

Pelatih tim galantia Persitoli Tolikara, Brally Weya mengatakan, dalam aturan itu setiap tim yang juara harus mewakili Papua, jadi kami berharap kita yang sudah memastikan diri keluar sebagai juara, jadi kami yang harus mewakili Papua.

“Kami sangat bersyukur akas kemenangan ini, kami berharap jangan ada lagi seleksi dari tim-tim lain jadi yang juara saja yang langsung mewakili Papua, dan jangan ada intervensi lagi dari tim-tim lain bahkan Asprov sendiri. Jadi murni langsung dari tim Galanita Tolikara,” kata Brally Weya di lapangan Hamadi, Kamis (28/09/2017).

‘Alasan dirinya tidak mau untuk seleksi lagi adalah, kalau kita seleksi lagi teman-teman yang bergabung dengan kita, susah untuk kami mau mencari formasi yang baik, karena yang baru bergabung akan susah untuk bermain dengan kita,’ katanya.

“Jadi kami mau yang sudah ada tinggal kita tingkatkan saja, supaya ada kekurangan-kekurangan tinggal kita benahi disitu. Memang untuk penambahan pemin pasti ada tetapi karena berhubung jadwal ditunda anak-anak yang masih sekolah kami pulangkan dulu, untuk mengikuti ulangan semester, ada juga yang kelas tiga SMP, SMA kami pulangkan,” tuturnya.

Suasanan Pertadingan Galanita Keerom dan Galanita Persitoli di Lapangan Hamadi. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)

Ia menjelaskan, jumlah pemain kami Tolikara semua berjumlah 25 pemain, yang ada saat ini 18 pemain, sebagian besar kami pulangkan karena jadwal diundurkan makanya dari pihak sekolah suruh untuk mengembalikan mereka. Persiapan tim pasti akan mencari udara yang dingin jadi persiapannya nanti di Wamena, jadi sesuai rencana kita seperti itu.

 

“Kami juga akan menunggu surat dari Asprov siapa yang lolos, namun tetap mempersiapkan tim, sambil menunggu surat. Tetap kami akan menggelar latihan dan persiapan,”urainya.

Sementara itu, Pengawas Pertandingan Kompetisi Pertiwi Cup 2017, zona Papua,  Yohan mengatakan, putaran kompetisi ini berjalan baik dari awal hingga selesai. Pertandingan hari ini antara tim Galanita Kota Jayapura dan Persidafon juga berjalan aman dan lancar.

“Partai terakhir bagi kedua tim, tidak mempengaruhi posisi tim galanita Persitoli Tolikara yang sudah unggul dengan 9 poin hasil, meraih kemenangan disetiap pertanding,” jelas Yohan Haay.

Sementara itu dipertandingan antara galanita Kota Jayapura dan Persidafon Dafonsoro dimenangkan oleh galanita Persidafon dengan skor 3-1, pada dipartai terakhir yang berlangsung dilapangan Hamadi Jumat (29/09/2017) kemarin. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)